Efek Nabi Ayam hingga Komet Halley, 10 Ramalan Kiamat Tersohor Pada Masanya

Berikut ini 10 ramalan kiamat yang tersohor pada masanya.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 10 Agu 2021, 19:40 WIB
Ilustrasi mimpi, kiamat. (Photo by NOAA on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda, sejumlah ramalan kiamat pernah tercetus dari beragam versi. Mulai dari para pemimpin agama, ilmuwan, dan bahkan seekor ayam betina pernah masuk daftar prediksi akhir dunia.

Mereka telah meramalkan kehancuran dunia melalui banjir, kebakaran, dan komet. Ramalan kiamat tak masuk akal yang untungnya terbukti gagal. Meski sempat membuat kepanikan warga.

Berikut ini 10 ramalan kiamat yang dikutip dari Brittanica, Selasa (10/8/2021):

1. Montanism

Ilustrasi Hari Kiamat (iStock)

Montanisme, gerakan skismatik -- penghasutan untuk perpecahan di gereja-- abad ke-2 Kekristenan, dimulai di Frigia (Turki modern).

Berdasarkan penglihatan Montanus, yang mengaku berbicara di bawah pengaruh Roh Yesus, kaum Montanis percaya kedatangan Kristus yang kedua sudah dekat. Banyak komunitas Kristen hampir ditinggalkan ketika orang yang percaya meninggalkan rumah mereka dan bermigrasi ke dataran antara dua Desa Pepuza dan Tymion di Frigia, di mana Montanus mengklaim Yerusalem surgawi akan turun ke Bumi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. The Great Flood

Ilustrasi Foto Banjir (iStockphoto)​

Johannes Stöffler, seorang ahli matematika dan astrolog Jerman yang disegani, meramalkan bahwa the great flood atau banjir besar akan menutupi dunia pada tanggal 25 Februari 1524, ketika semua planet yang diketahui akan sejajar di bawah Pisces --yang memiliki tanda air.

Ratusan pamflet mengumumkan banjir yang akan datang dikeluarkan dan memicu kepanikan umum; Count von Iggleheim, seorang bangsawan Jerman, melangkah lebih jauh dengan membangun sebuah bahtera berlantai tiga. Meskipun ada hujan ringan pada hari banjir yang diprediksi, tidak ada banjir yang sebenarnya terjadi.

3. Kebakaran Besar London

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan di Australia selama musim kemarau, lazim dikenal sebagai fenomena Bushfire. (Rob Griffith / AFP PHOTO)

Karena Alkitab menyebut 666 sebagai angka Binatang, banyak orang Kristen di Eropa abad ke-17 takut akan kiamat pada tahun 1666.

Kebakaran Besar London, yang berlangsung dari 2 September hingga 5 September tahun itu, menghancurkan sebagian besar kota, termasuk 87 gereja paroki dan sekitar 13.000 rumah. Banyak yang melihatnya sebagai penggenapan dari nubuat akhir dunia.

Kendati demikian, melihat kerusakan properti yang begitu besar, jumlah korban tewas dari kebakaran itu sangat rendah, dilaporkan hanya 10 orang--bukan akhir dunia.

4. Nabi Ayam Betina dari Leeds

Ilustrasi persahabatan dengan ayam/dok. Unsplash designervn

Pada tahun 1806, seekor ayam peliharaan di Leeds, Inggris, muncul dengan bertelur bertuliskan Christ is coming atau "Kristus akan datang."

Sejumlah besar orang dilaporkan mengunjungi ayam itu dan mulai putus asa akan Hari Penghakiman yang akan datang. Namun segera ditemukan bahwa telur-telur itu sebenarnya bukan pesan dari The Prophet Hen of Leeds alias nabi ayam, melainkan karya pemiliknya, yang telah menulis telur-telur itu dengan tinta korosif dan memasukkannya kembali ke dalam tubuh ayam malang itu.

5. Ramalan Joanna Southcott

Ilustrasi bayi Tuli. Foto: Burst dari Pexels.

Dimulai ketika dia berusia 42 tahun, Joanna Southcott melaporkan mendengar suara-suara yang meramalkan peristiwa masa depan, termasuk kegagalan panen dan kelaparan tahun 1799 dan 1800.

Dia mulai menerbitkan bukunya sendiri dan akhirnya mengembangkan pengikut sebanyak 100.000 orang yang percaya. Pada tahun 1813, dia mengumumkan bahwa pada tahun berikutnya dia akan melahirkan mesias kedua, yang kedatangannya akan menandai hari-hari terakhir Bumi—meskipun dia berusia 64 tahun dan seperti yang dia katakan kepada dokternya, masih perawan. Kendati demikian dia meninggal sebelum ada bayi lahir.

3 dari 3 halaman

6. Millerisme

ilustrasi kecewa (Sumber: Unsplash) / Anthony Tran

Pemimpin agama William Miller mulai berkhotbah pada tahun 1831 bahwa akhir dunia seperti yang kita ketahui akan terjadi dengan kedatangan Yesus Kristus yang kedua kali pada tahun 1843. Dia menarik sebanyak 100.000 pengikut yang percaya bahwa mereka akan dibawa ke surga ketika tanggal itu tiba.

Ketika prediksi tahun 1843 gagal terwujud, Miller menghitung ulang dan menentukan bahwa dunia akan benar-benar berakhir pada tahun 1844. Pengikut Henry Emmons menulis, Saya menunggu sepanjang hari Selasa, dan Yesus yang terkasih tidak datang … Saya sujud selama 2 hari tanpa rasa sakit—sakit dengan kekecewaan.

7. Kepanikan Komet Halley

Komet Halley (NASA)

Komet Halley melewati Bumi kira-kira setiap 76 tahun, tetapi kedekatannya pada tahun 1910 menciptakan ketakutan bahwa ia akan menghancurkan planet Bumi, baik dengan tabrakan langit atau melalui gas beracun yang dikabarkan dikandungnya.

Kepanikan di seluruh dunia terjadi, dipicu oleh media dan berita utama surat kabar seperti ”Komet Dapat Membunuh Semua Kehidupan di Bumi, kata Ilmuwan". Sekelompok orang di Oklahoma bahkan mencoba mengorbankan seorang perawan untuk menangkal malapetaka yang akan datang, dan udara botolan menjadi komoditas yang dicari.

Faktanya, Bumi mungkin memang melewati bagian dari ekor komet, tetapi tanpa efek yang jelas.

8. True Way

Ilustrasi jalan kaki olahraga untuk orang dengan nyeri lutut (iStock)

Pemimpin agama Taiwan Hon-Ming Chen mendirikan Chen Tao, atau True Way atau Jalan Sejati, sebuah gerakan keagamaan yang memadukan unsur-unsur Kristen, Buddha, teori konspirasi UFO, dan agama rakyat Taiwan.

Chen berkhotbah bahwa Tuhan akan muncul di saluran televisi AS 18 pada tanggal 25 Maret 1988, untuk mengumumkan bahwa dia akan turun ke Bumi minggu berikutnya dalam bentuk fisik yang identik dengan Chen.

Tahun berikutnya, dia meramalkan, jutaan roh iblis, bersama dengan banjir besar, akan mengakibatkan kepunahan massal populasi manusia. Pengikut bisa diselamatkan dengan pesawat ruang angkasa, menyamar sebagai awan, dikirim untuk menyelamatkan mereka.

9. Harold Camping

Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Nathan

Di antara prediktor modern yang paling produktif dari akhir zaman, Harold Camping telah secara terbuka meramalkan akhir dunia sebanyak 12 kali berdasarkan interpretasinya tentang numerologi alkitabiah.

Pada tahun 1992, ia menerbitkan sebuah buku, berjudul 1994?, yang meramalkan akhir dunia sekitar tahun itu. Mungkin ramalannya yang paling terkenal adalah untuk 21 Mei 2011, tanggal yang dia hitung tepat 7.000 tahun setelah air bah Alkitab. Ketika tanggal itu berlalu tanpa insiden, dia menyatakan penghitungan matematikanya tidak aktif dan menunda akhir dunia hingga 21 Oktober 2011.

10. Kiamat Maya 2012

Kalender Suku Maya kemarin meramalkan 2012 bakal kiamat tapi tidak terbukti. Ilmuwan mencoba merevisi. Hasilnya, kiamat bakal datang lusa!

21 Desember 2012, menandai akhir dari "Siklus Hebat" pertama dari kalender Hitungan Panjang Suku Maya. Banyak yang salah mengartikan ini sebagai akhir mutlak dari kalender, yang melacak waktu terus menerus dari tanggal 5.125 tahun sebelumnya, dan ramalan hari kiamat muncul.

Skenario akhir dunia termasuk Bumi bertabrakan dengan planet imajiner yang disebut Nibiru, semburan matahari raksasa, penyelarasan planet yang akan menyebabkan bencana pasang surut besar-besaran, dan penataan kembali poros Bumi.

Persiapan untuk akhir dunia seperti yang kita ketahui termasuk bahtera Nuh modern yang dibangun oleh seorang pria di China dan penjualan ekstensif perlengkapan bertahan hidup.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya