Greysia Polii / Apriyani Rahayu Rebut Emas, Indonesia Melambung di Papan Medali Olimpiade Tokyo 2020

Berkat emas dari Greysia Polii / Apriyani Rahayu, Indonesia unggul atas Filipina serta berada jauh di depan Malaysia pada papan medali Olimpiade Tokyo 2020.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 02 Agu 2021, 16:15 WIB
Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu dan Greysia Polii berselebrasi setelah menang atas pasangan China pada final badminton ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport, Senin (2/8/2021). (Alexander NEMENOV/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Greysia Polii / Apriyani Rahayu mempersembahkan medali emas pertama bagi Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Tampil di cabang badminton nomor ganda putri, keduanya berhasil mengalahkan pasangan Tiongkok Chen Qing Chen / Jia Yi Fan 21-19 dan 21-15, Senin (2/8/2021).

Berkat kemenangan ini, lagu Indonesia Raya pun berkumandang di Musashino Forest Sport, Tokyo. Greysia/Apriyani menjadi ganda putri pertama Indonesia yang berhasil merebut emas di Olimpiade. 

Bagi Indonesia, emas Greysia/Apriyani menjadi kepingan medali keempat yang sudah diraih hingga saat ini. Sebelumnya, tiga medali berhasil disumbangkan dari cabang olahraga angkat besi. 

Lifter kelas 49 kg putri, Windy Cantika Aisah menjadi penyumbang medali perdana lewat raihan perunggu di kelasnya. Menyusul kemudian Eko Yuli Irawan yang meraih perak di kelas 61 kg putra.

Sementara keping medali lagi disumbang Rahmat Erwin Abdullah dari kelas 73 kg putra. 

Kontingen Indonesia sendiri dibebani target untuk menembus peringkat 40 di Olimpiade Tokyo 2020. Terima kasih kepada Greysia/Apriyani, berkat emas yang diraih mereka, posisi Indonesia yang sempat terpuruk di urutan 57 kini terdongkrak cukup tinggi melebihi target yang sudah ditetapkan. 

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

2 dari 3 halaman

Peringkat Indonesia

Windy Cantika Aisah yang turun di nomor 49kg putri cabang olahraga angkat besi berhasil meraih medali perunggu serta medali pertama bagi Indonesia lewat total angkatan 194 kg. (Foto: AP/Luca Bruno)

Indonesia kini menjadi negara Asia Tenggara dengan peringkat perolehan medali tertinggi di Olimpiade Tokyo 2020. Setidaknya, hingga berita ini diturunkan, Indonesia lebih baik dari Filipina dan Thailand yang sudah lebih dulu mengantongi medali emas. Kedua negara itu sama-sama berada di posisi ke-62. 

Lalu di mana posisi Indonesia? Untuk mengetahuinya, silahkan klik update perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020, pada tautan ini...

3 dari 3 halaman

Update Perolehan Medali Kontingen Indonesia

Simak juga update perolehan medali kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 pada tautan ini...

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya