Wagub Sebut 75 Persen Warga Jakarta Sudah Terima Bantuan Tunai Covid-19

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut sudah 75 persen warga terdampak Covid-19 di Ibu Kota menerima bantuan sosial tunai (BST).

oleh Fachrur Rozie diperbarui 25 Jul 2021, 15:05 WIB
Petugas sedang menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada warga Desa Curug di Kantor Desa Curug, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/09/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut sudah 75 persen warga terdampak Covid-19 di Ibu Kota menerima bantuan sosial tunai (BST).

Bantuan tersebut berasal dari anggaran pendapatan belanda daerah (APBD) dan bantuan langsung dari pemerintah pusat.

"Jumlahnya Rp 300 ribu perbulan, dan dibagikan sekaligus dua bulan, jadi jumlahnya sebanyak Rp 600 ribu, yaitu untuk bulan Mei dan Juni. Alhamdulilah 75 persen sudah tersalurkan. Sisanya dalam proses pendistribusian beberapa hari ini, sekaligus datanya dipadankan," ujar Riza di Meruya, Jakarta Barat, Minggu (25/7/2021).

Riza menyebut, pihaknya memantau langsung pendistribusian bantuan sosial tunai tersebut.

Menurut dia, ada sekitar 1.700.379 warga DKI menerima bantuan dari APBD dan 738.136 warga yang menerima bantuan dari pemerintah pusat melalui Kemensos.

"Bantuan yang melalui pemda atau APBD, disalurkan melalui Bank DKI, ATM dan bantuan melalui kemensos disalurkan melalui PT POS, dibagikan langsung," kata Riza.

Riza berharap nantinya seluruh bantuan sosial tunai bisa disalurkan melalui anjungan tunai mandiri (ATM) untuk menghindari adanya kerumanan masyarakat.

"Mudah-mudahan ke depan bantuan ini bisa disalurkan melalui ATM. Dan kita berharap tidak ada kerumunan," kata dia.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Diharapkan Bantuan Digunakan Sesuai Kebutuhan

Petugas menyerahkan bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah Provinsi Banten kepada warga di Pinang, Tangerang, Jumat (1/5/2020). Bansos berupa uang tunai sebesar Rp 600 ribu tersebut diberikan kepada warga yang terdampak virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Riza berharap masyarakat DKI Jakarta yang menerima bantuan tunai langsung memanfaatkan bantuan tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Menurut Riza, akan lebih baik jika bantuan tunai itu langsung dibelanjakan kebutuhan pokok sehari-hari.

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu masyarakat yamg terdampak pandemi Covid-19, dan kita minta uang ini dibelanjakan untuk sembako. Tidak boleh untuk kepentingan lainnya di luar sembako. Jadi sekali lagi, penting itu kami sampaikan supaya tidak di luar sembako," pungkas Riza.

3 dari 3 halaman

Daftar Bansos 2021, Dari Kartu Sembako Hingga Prakerja

INFOGRAFIS: Daftar Bansos 2021, Dari Kartu Sembako Hingga Prakerja (Liputan6.com / Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya