WHO Ungkap Provinsi dengan Vaksinasi COVID-19 Rendah di RI

WHO melirik sejumlah provinsi yang tingkat vaksinasi COVID-19 tercatat rendah di RI.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 22 Jul 2021, 19:31 WIB
Mobil ambulans yang membawa pasien COVID-19 tiba di Rusun Nagrak, Cilincing, Jakarta, Senin (21/6/2021). Pemprov DKI Jakarta mulai mengaktifkan Rusun Nagrak sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien COVID-19 tanpa gejala. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - WHO mengungkap provinsi-provinsi mana saja yang memiliki tingkat vaksinasi COVID-19 yang rendah di Indonesia. Jakarta dan Bali menjadi juara vaksinasi, namun ada pula provinsi yang tenaga kesehatannya banyak belum divaksin sama sekali. 

Berdasarkan laporan terbaru Situation Report WHO, lima provinsi yang nakesnya paling banyak belum divaksin adalah Papua, Maluku, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara.

Berikutnya adalah Aceh, Bengkulu, Sulawesi Barat Kalimantan Utara, Jambi, Papua Barat, Sumatera Selatan, dan Sulawesi Selatan.

WHO mengambil data-data tersebut dari Kementerian Kesehatan. Untuk vaksinasi bagi lansia, Aceh berada di posisi terbawah setelah Lampung, Papua, Maluku Utara dan Sumatera Barat.

Maluku Utara, Maluku, Lampung, Kalimantan Utara, dan Papua juga mencatat angka vaksinasi yang rendah bagi masyarakat dengan kondisi rentan.

Terkait pemberian dosis pertama vaksin COVID-19 secara keseluruhan, Lampung berada di posisi paling bawah di laporan WHO. Kalimantan Barat, Papua, Sumatera Barat, dan Maluku Utara juga masuk posisi lima terbawah. 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Jakarta dan Bali Juara Vaksinasi

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin (kanan) serta Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi COVID-19 massal pelaku transportasi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (10/6/2021). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jakarta menjadi juara dalam vaksinasi COVID-19. Jumlah warga yang divaksin secara penuh di Jakarta adalah yang tertinggi dari tiap daerah dengah 18,3 orang per 100 orang.

Selanjutnya, ada Bali (17,5), Kalimantan Tengah (7,7), Kepulauan Riau (7,7), dan Yogyakarta (7.6).

Jakarta juga menghitung angka vaksinasi yang tinggi dosis pertama bagi popoulasi yang rentan. Selanjutnya, ada Bali, Kepulauan Riau, dan Sulawesi.

Terkait vaksinasi dosis pertama bagi remaja (12-17 tahun), Jakarta saat ini masih memimpin, kemudian diikuti Bali Kepulauan Riau, lalu Yogyakarta, dan Banten.

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19:

Infografis Yuk Hindari 9 Kesalahan Ketika Gunakan Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya