UEFA Rilis Tim Impian Euro 2020 / Euro 2021: Italia Kirim Wakil Terbanyak

UEFA resmi memilih 11 pemain untuk membentuk tim impian Euro 2020.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 13 Jul 2021, 17:57 WIB
UEFA resmi memilih 11 pemain untuk membentuk tim impian Euro 2020. (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com, Nyon - UEFA resmi memilih 11 pemain untuk membentuk tim impian Euro 2020. Sang juara Italia mengirim wakil terbanyak dengan lima.

Kiper Gianluigi Donnarumma, yang jadi pemain terbaik Piala Eropa 2020, berada di bawah mistar. Dia ditemani empat kompatriotnya yakni Leonardo Bonucci, Leonardo Spinazzola, Jorginho, dan Federico Chiesa.

Finalis Inggris memiliki tiga pemain, dengan satu masing-masing dari Belgia, Denmark, dan Spanyol. Tidak ada nama dua pencetak gol terbanyak turnamen, yakni Cristiano Ronaldo dan Patrik Schick.

UEFA menunjuk panel pengamat untuk menentukan tim terbaik. Anggotanya adalah Packie Bonner, Esteban Cambiasso, Fabio Capello, Cosmin Contra, Corinne Diacre, Jean-Francois Domergue, Dusan Fitzel, Steffen Freund, Frans Hoek, Aitor Karanka, Robbie Keane, Gines Melendez, David Moyes, Mixu Paatelainen, Peter Rudbaek, dan Willi Ruttensteiner.

Berikut komposisi tim impian Euro 2020:

Saksikan Video Berikut Ini

2 dari 12 halaman

Gianluigi Donnarumma (Italia)

Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma, dinobatkan menjadi pemain terbaik Euro 2020 berkat penampilan apiknya sejak fase grup hingga partai final. (Foto:AP/Facundo Arrizabalaga)
3 dari 12 halaman

Kyle Walker (Inggris)

Kyle Walker - Di sektor kanan pertahanan Inggris ada bek Manchester City yang juga tampil solid saat dalam bertahan. Walker memang tidak sering maju membantu serangan namun ia mampu menjaga pertahanan Inggris dengan baik sehingga aman dari gempuran Denmark. (Foto:AP/Frank Augstein, Pool)
4 dari 12 halaman

Leonardo Bonucci (Italia)

Bek Timnas Italia, Leonardo Bonucci, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Inggris pada laga final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Senin (12/07/2021). (Foto: AP/Paul ELlis,Pool)
5 dari 12 halaman

Harry Maguire (Inggris)

Ekspresi pemain Inggris, Harry Maguire, setelah laga kontra Jerman, di Stadion Wembley, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB. (John Sibley/ AFP)
6 dari 12 halaman

Leonardo Spinazzola (Italia)

Leonardo Spinazzola - Pemain yang berposisi sebagai wingback ini lagi-lagi menjadi sosok kunci permainan Italia. Pemain AS Roma itu begitu aktif membantu serangan dan sukses membuat assist penting untuk gol Chiesa. (AFP/Ben Stansall)
7 dari 12 halaman

Jorginho (Italia)

Gelandang Italia, Jorginho berselebrasi setelah sukses menendang penalti ke gawang Spanyol pada pertandingan semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu (7/7/2021). Italia mengalahkan Spanyol 4-2 lewat adu penalti setelah laga imbang 1-1. (Fabio Ferrari/LaPresse via AP)
8 dari 12 halaman

Pierre-Emile Hojbjerg (Denmark)

Pemain Denmark Pierre Hojbjerg (kiri) berebut bola dengan pemain Inggris Kalvin Phillips pada pertandingan semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris, 7 Juli 2021. Statistik berbicara gelandang tengah ini layak masuk dalam 11 pemain terbaik di Euro 2020. (Paul ELLIS/POOL/AFP)
9 dari 12 halaman

Pedri (Spanyol)

Penghargaan pemain muda terbaik jatuh kepada gelandang Spanyol, Pedri. Pemain berumur 18 tahun itu tampil menawan di sepanjang Piala Eropa 2020. (Foto: AFP/Javier Soriano)
10 dari 12 halaman

Federico Chiesa (Italia)

Federico Chiesa - Gelandang muda ini sukses membayar kepercayaan pelatih Roberto Mancini yang memasangnya sejak awal laga. Kontribusi terbesarnya adalah mencetak gol cantik di menit 60 yang membuat Italia unggul 1-0 atas Spanyol. (Foto:AP/Carl Recine)
11 dari 12 halaman

Romelu Lukaku (Belgia)

Romelu Lukaku (Belgia) (Foto: AP/Pool/Lars Baron)
12 dari 12 halaman

Raheem Sterling (Inggris)

Raheem Sterling (Inggris) (Foto:AP/Carl Recine, Pool)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya