Top 3: Palang Merah Internasional Prihatin Kasus COVID-19 RI hingga Kim Jong-un Pecat Pejabat Tak Becus Urus Pandemi Disorot

Kim Jong-un melawan COVID-19, update COVID-19 global, dan kekhawatiran Palang Merah Internasional terhadap infeksi Virus Corona di Indonesia jadi sorotan di Top 3 Global Liputan6.com hari ini.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 01 Jul 2021, 09:30 WIB
Gambar yang dirilis pada 17 Februari 2021 menunjukkan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (tengah) dan istrinya Ri Sol Ju menonton pertunjukan di Pyongyang. Ri biasanya sering menemani Kim Jong-un ke acara-acara publik besar, namun dia tidak terlihat sejak Januari 2020. (STR/AFP/KCNA VIA KNS)

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, kembali mengungkap kekesalannya pada pejabat yang dinilai tidak cakap dalam melawan COVID-19. Selama ini, Korut masih mengklaim aman dari COVID-19. 

Pemerintah Korut menilai pejabat-pejabat itu pasif sehingga menghalangi upaya penanggulangan COVID-19

Kabar dari Korut menjadi berita paling disorot pembaca isu internasional di Liputan6.com, Senin (1/7/2021).

Adapun isu lain yang juga menarik perhatian adalah terkait update COVID-19 keprihatinan Palang Merah Internasional terhadap kondisi di Indonesia.

Berikut daftar artikelnya:

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 5 halaman

1. Kim Jong-un Pecat Pejabat

Dalam gambar tak bertanggal yang dirilis 28 Agustus 2020 memperlihatkan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un (tengah) mengunjungi daerah yang dilanda topan di Provinsi Hwanghae Selatan. Topan itu juga menyebabkan hujan lebat dan menumbangkan pohon. (STR/AFP/KCNA VIA KNS)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah menggantikan beberapa pejabat tinggi setelah "insiden serius" dalam upaya negara itu untuk mempertahankan diri dari COVID-19. 

Kim Jong-un menambahkan bahwa "ketidakmampuan dan tidak bertanggung jawab para pejabat senior adalah faktor utama yang menghambat pelaksanaan tugas-tugas penting", menambahkan bahwa mereka "terpikat oleh keegoisan dan kepasifan". Sebelumnya, Kim telah memperingatkan rakyatnya untuk bersiap menghadapi "situasi terburuk".

3 dari 5 halaman

2. Update COVID-19 pada 30 Juni 2021

Alat pendukung perawatan pasien virus corona COVID-19 terlihat di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). RS Darurat Penanganan COVID-19 dilengkapi dengan ruang isolasi, laboratorium, radiologi, dan ICU. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Total infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada hari Rabu per pukul 09.50 WIB telah mencapai 181.744.399 kasus, berdasarkan data Johns Hopkins University. 

Data Johns Hopkins University juga menunjukkan ada 2.999.584.190 orang yang sudah menerima suntikan vaksin COVID-19 di seluruh dunia.

4 dari 5 halaman

3. Palang Merah Internasional Prihatin dengan Situasi RI

Tenaga kesehatan beristirahat setelah tes swab massal di Puskesmas Ciganjur, Jakarta, Kamis (7/1/2020). Lonjakan kasus virus corona berpotensi terjadinya krisis tenaga kesehatan (nakes) karena banyak yang tertular dan gugur saat menangani pasien Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Komunitas Palang Merah Internasional menyebut bahwa lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia berada di ambang "malapetaka" karena varian Delta yang lebih menular mendominasi transmisi dan mencekik sistem rumah sakit dalam pandemi terburuk di wilayah Asia Tenggara.

Mengutip Channel News Asia, Rabu (30/6), Indonesia telah melaporkan rekor infeksi COVID-19 harian lebih dari 20.000 dalam beberapa hari terakhir, dalam gelombang infeksi baru yang dipicu oleh munculnya varian virus yang sangat mudah menular dan peningkatan mobilitas setelah libur Lebaran. 

5 dari 5 halaman

Infografis COVID-19:

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya