Pasien COVID-19 Membludak di IGD, Pakar: Jangan Sampai Oksigen Tak Tersedia

Pasien COVID-19 membludak di IGD, pakar tekankan jangan sampai oksigen tak tersedia.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 28 Jun 2021, 13:00 WIB
Suasana IGD RSUD Cengkareng, Jakarta, Rabu (23/06/2021). Meningkatnya kasus COVID-19 di Ibu Kota Jakarta dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan rumah sakit kewalahan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Pasien COVID-19 yang membludak di Instalasi Gawat Darurat (IGD) berbagai rumah sakit, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Tjandra Yoga Aditama menekankan, jangan sampai oksigen tak tersedia.

"Yang sekarang banyak dibahas, yaitu bagaimana mengatasi mereka yang sudah jatuh sakit akibat COVID-19. Terlalu banyak cerita pilu tentang tempat tidur rumah sakit penuh, IGD membludak pasien," kata Tjandra melalui pesan singkat yang diterima Health Liputan6.com, Senin (28/6/2021).

"Bahkan yang menyedihkan adalah adanya pasien yang tidak tertolong sampai meninggal dunia."

Penanganan pasien COVID-19 pun harus dipikirkan matang, sehingga mereka mendapat pelayanan kesehatan yang memadai. Dalam hal ini, kapasitas rumah sakit perlu dimaksimalkan.

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah menambah kapasitas rumah sakit. Tetapi ada hal penting yang perlu dapat perhatian," jelas Tjandra Yoga.

"Pertama, harus diikuti penambahan petugas, jangan sampai alat/oksigen tidak tersedia. Kedua, pelayananan kesehatan primer juga terus ditingkatkan perannya dalam penanganan pasien COVID-19."

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

2 dari 4 halaman

Pasokan Oksigen Cukup

Pekerja memeriksa tabung oksigen di agen isi ulang oksigen Tiga Saudara kawasan Joglo Raya, Jakarta Barat, Kamis (17/6/2021). Dalam sehari, tak sedikit juga warga mengisi ulang oksigen dengan harga Rp 25.000 per kubik. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, oksigen untuk pasien COVID-19 di Indonesia masih mencukupi. Hal ini menjawab isu pasokan peralatan tersebut yang disebut-sebut menipis.

"Kami bisa sampaikan di sini bahwa oksigen yang ada itu cukup. Oksigen yang ada cukup," kata Menkes Budi menegaskan dalam konferensi pers virtual, Jumat (25/6/2021).

Indonesia memiliki kapasitas produksi oksigen sebagian besar untuk oksigen industri. Angkanya mencapai 75 persen. Sementara, 25 persen dari kapasitas produksi oksigen di Tanah Air adalah untuk oksigen medis.

"Kami sudah mendapatkan komitmen dari supplier-supplier oksigen ini, bahwa mereka bisa mengalihkan, yang kapasitas oksigen buat industri ke oksigen medis," lanjut Budi Gunadi.

"Karena yang kapasitas oksigen industri itu bisa diisi oleh perusahaan-perusahaan oksigen asing lainnya."

3 dari 4 halaman

Banyak RS Tolak Pasien COVID-19

Pasien COVID-19 berada di dalam tenda darurat di RSUD Bekasi, Rabu (23/6/2021). Tenda darurat didirikan sebagai upaya menambah ruang IGD (Instalasi Gawat Darurat) yang dapat menampung 30 pasien menyusul ruangan di rumah sakit sudah penuh akibat lonjakan kasus Covid-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menyoal pasien COVID-19, hasil pencarian yang dilakukan oleh LaporCOVID-19 menemukan, banyak rumah sakit menolak pasien COVID-19 karena tidak ada ketersediaan tempat tidur. Padahal, beberapa pasien menunjukkan gejala COVID-19 berat dan kritis.

Pasien COVID-19 yang tidak bisa mendapatkan tempat tidur di Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit, harus bertahan di rumah dengan ketersediaan alat seadanya dari puskesmas. Bahkan, mereka harus berakhir meninggal dunia karena tidak mendapatkan pertolongan secepatnya.

Selama seminggu terakhir (14-25Juni 2021), LaporCOVID-19 menerima setidaknya 43 laporan warga untuk permintaan rumah sakit. LaporCOVID-19 pun membantu pasien maupun keluarga pasien mencari rumah sakit.

"Hasilnya, hampir seluruh rumah sakit yang kami hubungi menunjukkan bahwa ruang ICU (Intensive Care Unit), isolasi, dan IGD (Instalasi Gawat Darurat) sudah terisi penuh," demikian catatan LaporCOVID-19 yang diterima Health Liputan6.com, Sabtu (26/6/2021). (Selengkapnya: LaporCOVID-19: Banyak RS Tolak Pasien Virus Corona karena Tak Tersedia Tempat Tidur)

4 dari 4 halaman

Infografis Pedoman Isolasi Mandiri Pasien Tanpa Gejala Covid-19

Infografis Pedoman Isolasi Mandiri Pasien Tanpa Gejala Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya