Satgas: Pulau Jawa Sumbang 53 Persen Kasus Covid-19 Sepekan Terakhir

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melakukan pemantauan terhadap perkembangan Covid-19 di enam provinsi di Pulau Jawa dalam sepekan terakhir.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Jun 2021, 10:13 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito berharap momentum lebaran dan libur panjang tidak timbulkan lonjakan kasus saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (18/5/2021). (Tim Komunikasi Satgas COVID-19/Damar)

Liputan6.com, Jakarta Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melakukan pemantauan terhadap perkembangan virus Corona di enam provinsi di Pulau Jawa dalam sepekan terakhir. Enam provinsi tersebut, yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Hasil pemantauan menunjukkan, Pulau Jawa mengontribusi 53 persen terhadap kasus Covid-19 nasional.

"Ini adalah angka yang cukup tinggi. Mengingat hanya dengan enam provinsi di Pulau Jawa mampu menyumbang lebih dari setengah dari total kasus nasional," kata juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Selasa 1 Juni 2021.

Wiku meminta pemerintah provinsi di Pulau Jawa segera memperbaiki upaya penanganan Covid-19 di wilayahnya masing-masing. Peran pemerintah daerah disebut sangat penting untuk menekan penambahan kasus Covid-19.

"Jika berhasil memperbaiki penanganan dan menurunkan kasus dalam 1-2 minggu ke depan, bukan tidak mungkin kasus positif tingkat nasional juga akan turun secara drastis. Jika ini terjadi, maka Pulau Jawa menjadi kontributor terbesar dalam menurunkan penurunan kasus dan itu merupakan prestasi yang sangat baik," ujar Wiku.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Konsolidasi antarwilayah

Di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (20/5/2021), Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito menegaskan pelaku perjalanan yang berangkat menuju Pulau Jawa diminta tes antigen mandiri di daerah asal. (Tim Komunikasi Satgas COVID-19/Damar)

Selain memperbaiki penanganan Covid-19, Wiku mengimbau pemerintah daerah melakukan konsolidasi antarwilayah. Salah satu caranya, memanfaatkan forum komunikasi seperti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) antar wilayah.

"Hal ini dapat menjadi wadah bagi pimpinan daerah pada enam provinsi ini, untuk bertemu dan bersama-sama merumuskan penanganan terbaik untuk Covid-19 di Pulau Jawa," pungkas Wiku.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya