7 Cara Efektif Jadi Individu Berkepala Dingin, Simak Yuk!

Selalu penting untuk menjaga pikiran Anda tetap terkendali untuk menghadapi situasi stres apapun dalam hidup.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Jun 2021, 08:00 WIB
Photo by Omid Armin on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Stres memengaruhi pikiran Anda dengan cara yang buruk. Anda bisa jadi kehilangan kendali atas hal-hal dalam hidup. Pikiran Anda juga kehilangan kapasitas untuk berpikir. 

Sehingga, selalu penting untuk menjaga pikiran Anda tetap terkendali untuk menghadapi situasi stres apapun dalam hidup. 

Melansir MagForWomen, Kamis (27/05/2021), berikut 7 cara efektif yang dapat membantu Anda tetap berkepala dingin apapun masalah yang tengah dihadapi.

1. Belajar melepaskan

Anda tidak dapat membuat pikiran Anda tetap dingin jika Anda menumpuk banyak hal. Proses berpikir Anda bisa mengarah ke banyak hal. Belajar lepaskan hal-hal yang terjadi dalam hidup Anda. 

Masa lalu sudah lewat, Anda tidak bisa kembali dan menghidupkannya kembali. Jadi, jika Anda melihat ke depan, Anda akan jauh lebih santai dalam hidup Anda. 

Lepaskan hal-hal yang tidak penting bagi Anda. Santai saja dan luangkan hari demi hari dengan lebih baik lagi.

2 dari 3 halaman

2. Ciptakan lingkungan yang menyenangkan

Ilustrasi lucu, tertawa. (Photo by Omar Lopez on Unsplash)

Jika Anda berada di lingkungan yang penuh tekanan, hal itu akan memengaruhi pikiran dan tubuh Anda. Perbedaan pendapat dan pertengkaran yang terus menerus dapat menyebabkan stres dan kecemasan. 

Ciptakan lingkungan yang tenang agar tetap rileks, seperti dengarkan musik untuk menenangkan pikiran Anda. 

Anda juga bisa duduk di kegelapan untuk merilekskan indra Anda. Idenya adalah menciptakan suasana, dimana Anda akan merasa rileks dalam hidup.

3. Berlatih pernapasan

Jika kesibukan membuat Anda menderita, maka Anda perlu meluangkan waktu untuk meditasi. Ya, pernapasan dan meditasi sederhana dapat membantu Anda untuk rileks. 

Latih saja beberapa trik pernapasan dalam selama lima belas hingga dua puluh menit di pagi hari. Itu akan membantu meredakan stres, yang kemudian akan membantu pikiran Anda rileks dan tetap tenang. 

Jadi, meditasi adalah salah satu hal terbaik untuk pikiran Anda.

4. Alihkan perhatian Anda

Jika Anda memikirkan pekerjaan sepanjang hari, luangkan waktu sejenak dan alihkan perhatian Anda. Baca buku atau lakukan sesuatu yang Anda sukai. 

Ketika pikiran Anda teralihkan, pikiran Anda akan sedikit terbebas dari stres. Pengalihan adalah cara terbaik untuk tetap tenang. 

Lakukan apa pun yang membantu Anda rileks. Tenangkan pikiran dan hari Anda dengan cara terbaik.

3 dari 3 halaman

5. Jangan berusaha untuk mencapai kesempurnaan

ilustrasi kecemasan (sumber: freepik)

Bukan dalam arti harfiah, tetapi jika Anda selalu ingin menjadi sempurna dalam hidup, hal itu bisa menimbulkan stres. Dalam upaya menjadi sempurna, Anda akan membebani pikiran dan tubuh Anda sekaligus. 

Jadilah sesempurna yang Anda bisa, tetapi jangan memaksakan diri melebihi batas. Anda perlu menjaga keseimbangan pikiran dan tubuh yang benar. Dengan begitu, segala sesuatunya akan menguntungkan Anda juga.

6. Baca kutipan positif

Tahukah Anda bahwa kutipan positif dapat membantu Anda untuk tetap berpikiran positif? Itu pada gilirannya dapat membantu pikiran Anda untuk tetap dingin dan rileks. 

Bacalah dua hingga tiga kutipan positif setiap hari. Unduh aplikasi di ponsel Anda atau baca di internet. Ketika pikiran Anda positif, segala sesuatu akan terlihat positif bagi Anda.

7. Lihat skenario yang lebih besar

Jika Anda sering terjebak pada hal-hal kecil dalam hidup, maka Anda perlu melihat gambaran yang lebih besar. Hidup ini terlalu singkat untuk menangisi hal-hal kecil. 

Lihat ke depan dan pertahankan pikiran Anda untuk siap menghadapi banyak hal. Jangan merasa sedih karena sesuatu yang buruk terjadi. 

Sebaliknya, merasa bahagialah karena Anda telah belajar sesuatu dari situasi yang akan membantu Anda di masa depan. Jadi, ini semua tentang bagaimana Anda mengelola pikiran Anda sendiri.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya