Jantung Anda dalam Bahaya Jika Tidak Berolahraga Sebanyak Ini Tiap Minggu

Bila Anda tidak terbiasa berolahraga sebanyak ini tiap minggu, Anda membahayakan jantung Anda di masa tua

oleh Sulung Lahitani diperbarui 27 Apr 2021, 18:02 WIB
ilustrasi makanan mencegah sakit jantung saat bulan puasa/pexels

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi bahwa tetap aktif sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda, terutama seiring bertambahnya usia. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kita mungkin meremehkan seberapa banyak olahraga yang kita butuhkan untuk menyiapkan diri kita sendiri agar tetap fit di kemudian hari.

Menurut sebuah studi baru yang dipimpin oleh Rumah Sakit Anak Benioff Universitas California, San Francisco (UCSF), Anda mungkin perlu berolahraga lebih banyak setiap minggu daripada yang diperkirakan sebelumnya untuk menjaga kesehatan jantung seiring bertambahnya usia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 6 halaman

Berolahraga lima jam per minggu membantu mengurangi risiko hipertensi

Ilustrasi lansia. (dok. Unsplash.com/Bruno Aguirre @elcuervo)

Studi yang baru-baru ini diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine mengikuti kebiasaan dan kondisi kesehatan lebih dari 5.000 orang dewasa berusia antara 18 dan 30 selama periode 30 tahun.

Para peneliti memeriksa kebiasaan olahraga peserta, penggunaan alkohol, penggunaan tembakau, dan riwayat kesehatan melalui kuesioner rutin, sementara tekanan darah, berat badan, dan kadar kolesterol mereka juga dipantau selama periode yang sama.

 

3 dari 6 halaman

Hasil penelitian

Ilustrasi lansia olahraga Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Hasil menunjukkan bahwa 17,9 persen peserta yang berolahraga lebih dari lima jam per minggu di usia 20-an dan 30-an, 18 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan tekanan darah tinggi (hipertensi) seiring bertambahnya usia, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

"Hasil dari uji coba terkontrol secara acak dan studi observasi telah menunjukkan bahwa olahraga menurunkan tekanan darah, menunjukkan bahwa mungkin penting untuk fokus pada olahraga sebagai cara untuk menurunkan tekanan darah pada semua orang dewasa saat mereka mendekati usia paruh baya," ujar Kirsten Bibbins-Domingo, MD, PhD, penulis senior studi tersebut dari UCSF Department of Epidemiology and Biostatistics, dalam sebuah pernyataan.

 

4 dari 6 halaman

Mempertahankan rutinitas olahraga memberikan manfaat kesehatan

Ilustrasi lansia

Meskipun memulai lebih awal dengan kebiasaan olahraga yang baik membantu meningkatkan kesehatan di kemudian hari, mengikuti latihan terbukti lebih bermanfaat. Hasil juga menunjukkan bahwa 12 persen peserta yang terus berolahraga selama lima jam per minggu hingga usia 60 bahkan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan hipertens.

"Remaja dan mereka yang berusia awal 20-an mungkin aktif secara fisik, tetapi pola ini berubah seiring bertambahnya usia. Studi kami menunjukkan bahwa mempertahankan aktivitas fisik selama masa dewasa muda — pada tingkat yang lebih tinggi daripada yang direkomendasikan sebelumnya — mungkin sangat penting," kata Bibbins-Domingo.

 

5 dari 6 halaman

Rekomendasi olahraga mingguan saat ini lebih rendah daripada temuan penelitian

Ilustrasi Berolahraga Credit: unsplash.com/Christine

Hasil temuan studi bahwa lima jam olahraga berat per minggu harus menjadi tujuan dua kali lipat dari rekomendasi saat ini yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). WHO menyarankan orang melakukan setidaknya 150 menit "aktivitas fisik aerobik intensitas sedang" setiap minggu — yang meliputi jalan cepat, berkebun, atau bersepeda atau 75 menit aktivitas fisik yang berat.

 

6 dari 6 halaman

Latihan mingguan minimum harusnya dinaikkan

ilustrasi perempuan olahraga/Photo by Brandless on Unsplash

Para peneliti menyimpulkan bahwa hasil mereka menunjukkan pandangan saat ini tentang kesehatan harus dipertimbangkan kembali. Ini dapat mencakup peningkatan jumlah aktivitas fisik yang disarankan untuk orang dewasa yang menua dan meminta dokter berbicara dengan pasien mereka tentang kebiasaan olahraga mereka dengan cara yang sama seperti mereka mendiskusikan merokok, konsumsi alkohol, kadar kolesterol, dan obesitas seiring bertambahnya usia.

"Hampir setengah dari peserta kami di masa dewasa muda memiliki tingkat aktivitas fisik yang kurang optimal, yang secara signifikan terkait dengan timbulnya hipertensi, menunjukkan bahwa kami perlu meningkatkan standar minimum untuk aktivitas fisik," kata Jason Nagata, MD, penulis pertama studi dari Divisi Pengobatan Remaja dan Dewasa Muda UCSF, dalam sebuah pernyataan.

"Ini mungkin terjadi terutama setelah sekolah menengah ketika peluang untuk aktivitas fisik berkurang saat orang dewasa muda beralih ke perguruan tinggi, tenaga kerja, dan menjadi orang tua, dan waktu senggang terkikis."

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya