Megahnya Alquran Raksasa di Palembang Berukir Tinta Emas

Bayt Alquran Al-Akbar atau Alquran raksasa menjadi salah satu wisata religi di Kota Palembang yang wajib dikunjungi saat bulan Ramadan.

oleh Nefri Inge diperbarui 25 Apr 2021, 18:00 WIB
Bayt Alquran Al-Akbar Palembang atau sering dikenal sebagai Alquran raksasa, menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Palembang Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)

Liputan6.com, Palembang - Berbagai destinasi wisata religi dan heritage, bisa menjadi tujuan para wisatawan domestik hingga mancanegara saat berkunjung ke Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel). Salah satu yang menjadi destinasi wisata religi yaitu Bayt Alquran Al-Akbar atau yang sering disebut Alquran raksasa.

Destinasi wisata yang terletak di Jalan Mohammad Amin Kecamatan Gandus Palembang Sumsel tersebut, sering dikunjungi para wisatawan. Bahkan saat Ramadan, mengunjungi wisata religi ini membuat hati teduh.

Pembangunan Alquran raksasa yang berada di kawasan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ihsaniyah Gandus Palembang tersebut, dipelopori oleh Syofwatillah Mohzaib.

Alquran raksasa dibuat atas kayu tembesu setinggi mencapai 15 meter. Salah satu alasan pemilihan kayu tembesu, agar awet dan anti rayap. Ada 315 lembar dan 630 halaman ukiran Alquran di atas kayu tembesu, yang berukuran 177x140x2,5 cm.

Ayat-ayat suci Alquran di 30 juz tersebut, diukir dengan pahatan timbul dan menggunakan warna keemasan khas Palembang. Warna tersebut mewakili warna kejayaan Kesultanan Palembang Darussalam.

Pembangunan Alquran raksasa tersebut dimulai pada tahun 2002, dengan menggandeng banyak pemahat kaligrafi ternama.

Di tanggal 30 Januari 2012 lalu, destinasi wisata religi tersebut diresmikan secara langsung oleh Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Untuk membangun Alquran raksasa tersebut, banyak donatur yang menyumbangkan dananya hingga pembangunan wisata religi itu rampung.

Pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan tingginya Alquran raksasa saja. Tapi bisa juga menyewa pakaian adat khas Palembang, dengan harga sewa mulai dari Rp75.000 hingga Rp100.000.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

2 dari 3 halaman

Biaya Tiket Masuk

Bayt Alquran Al-Akbar Palembang atau sering dikenal sebagai Alquran raksasa, menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Palembang Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)

Selain bisa mengagumi megahnya Alquran raksasa, pengunjung juga bisa berbelanja beragam cinderamata khas Palembang. Mulai dari kain songket, pakaian adat, gamis dan lainnya.

Harga tiket masuk wisata religi ini juga sangat terjangkau. Untuk anak-anak dipatok seharga Rp15.000, dan dewasa seharga Rp20.000.

Karena masih pandemi Covid-19, para pengunjung wajib memakai masker, mencuci tangan dan dicek suhu tubuh hingga menggunakan hand sanitizer.

3 dari 3 halaman

Gunakan Pakaian Tertutup

Bayt Alquran Al-Akbar Palembang atau sering dikenal sebagai Alquran raksasa, menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Palembang Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)

Ria (35), salah satu pengunjung Alquran raksasa ini sangat takjub, ketika melihat ukiran ayat-ayat suci Alquran dengan ukuran besar.

“Saya sudah beberapa kali ke sini, tapi masih saja takjub. Namun, sebelum masuk ke dalam wisata ini, memang harus menggunakan pakaian tertutup. Terutama untuk perempuan, minimal pakai kerudung,” ucapnya kepada Liputan6.com, Sabtu (24/4/2021).

Sebagai warga Sumsel, dia merasa bangga karena Alquran raksasa ini dibangun di tanah kelahirannya. Terlebih Bayt Alquran Al-Akbar Palembang tersebut, dinobatkan sebagai Alquran raksasa dunia.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya