Alasan Produk Kecantikan Tak Bisa Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Anggapan bahwa pori-pori bisa dikecilkan dengan menggunakan produk kecantikan ternyata mitos.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Apr 2021, 07:04 WIB
Ilustrasi pori-pori (dok.unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Bisakah serum, masker wajah atau strip pori mampu mengecilkan pori-pori Anda ke ukuran yang tidak terlihat? Anggapan bahwa produk kecantikan yang mengklaim bisa mengecilkan pori-pori, ternyata tidak benar.

Menurut dokter kulit bersertifikat Tina Alster, pencipta dan salah satu pendiri perusahaan perawatan kulit The A Method, sebuah produk kecantikan tidak akan pernah bisa menghilangkan pori-pori sepenuhnya. Pori-pori memiliki peran besar bagi kulit kita, ia berperan untuk menjaga kesehatan kulit dan tanpanya kita akan mendapatkan masalah pada kulit.

"Seseorang yang bisa memiliki wajah tanpa pori-pori adalah sebuah mitos. Pori-pori sangat penting untuk struktur normal dan fungsi kulit yang sehat," kata Alster, melansir dari Huffpost, Kamis, 1 April 2021.

Pori-pori hanyalah bukaan folikel rambut, setiap pori mengandung kelenjar sebasea sendiri yang menghasilkan minyak atau sebum. Kulit manusia membutuhkan sebum untuk pelumasan dan perlindungan, meskipun anda mungkin mengalami jerawat jika memiliki sebum yang berlebihan atau kulit kering jika kekurangan sebum.

Apakah ada yang salah dengan pori-pori besar? Pori-pori besar pada kulit memang terlihat menakutkan, pori-pori tersebut umumnya tidak menimbulkan risiko kesehatan sama sekali. Kebanyakan orang tidak menginginkan pori besar pada kulit mereka dikarenakan, pori-pori yang terlihat tidak teratur dapat membuat kulit tampak bertekstur, lebih tua, rusak serta menjadi tempat menumpuknya sisa-sisa make up.

Meskipun pori-pori besar sering menjadi gangguan ketika anda menggunakan make up, ternyata pori-pori besar dapat bermanfaat dalam beberapa kasus.

"Memiliki pori-pori besar tidak selalu berarti buruk dari segi kesehatan, dan sebenarnya bisa bermanfaat seiring bertambahnya usia. Karena pori-pori yang lebih besar biasanya menghasilkan lebih banyak minyak ini dapat membantu wajah kita tetap lembab seiring bertambahnya usia," kata Paviol.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Pori-Pori dengan Perawatan Topikal

Ilustrasi pori-pori wajah. (dok. Foto Dhyamis Kleber/Pexels)

Penggunaan perawatan kulit memang menguntungkan untuk meminimalkan munculnya pori-pori, tapi sebenarnya kita tidak dapat mengubah ukuran pori-pori.

"Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghaluskan pori-pori dalam waktu sementara dengan menggunakan produk kosmetik seperti tabir surya dan foundation yang mengandung dimetikon, bahan ini baik untuk permukaan kulit serta membantu mengurangi munculnya pori-pori," ucap Paviol.

Beberapa produk perawatan kulit juga dapat membantu meminimalkan munculnya pori-pori, produk kecantikan yang mengandung asam, terutama asam glikolat dan salisilat atau retinol sebagai bahan aktif dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat.

"Bahan-bahan ini membantu pergantian sel kulit serta membantu membuka pori-pori yang tersumbat sehingga pori-pori tampak lebih kecil," kata Alster.

Menggunakan tabir surya setiap hari juga bisa memberikan dampak yang luar biasa pada kulit anda. Mengenakan produk SPF secara konsisten membantu mengurangi kemerahan, iritasi dan perubahan warna yang mempengaruhi penampilan pori-pori.

"Paparan sinar matahari membuat kulit menua dan berkontribusi pada kerusakan kolagen, yang menyebabkan membuat kulit kehilangan elastisitasnya serta membuat pori-pori tampak lebih besar," kata dokter naturopati Christina Bradshaw.(Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 3 halaman

5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya