FOTO: Ritual Menghisap Ganja Jelang Festival Maha Shivaratri

Festival ini dirayakan sebagai bentuk persembahan kepada Dewa Siwa.

oleh Johan Fatzry diperbarui 10 Mar 2021, 12:30 WIB
Ritual Menghisap Ganja Jelang Festival Maha Shivaratri
Festival ini dirayakan sebagai bentuk persembahan kepada Dewa Siwa.
Seorang Sadhu atau orang suci Hindu menghisap ganja menggunakan 'chillum', pipa tanah liat tradisional, menjelang festival Hindu 'Maha Shivaratri', di Kathmandu (9/3/2021). Festival ini dirayakan sebagai bentuk persembahan kepada Dewa Siwa. (AFP/Prakash Mathema)
Seorang Sadhu atau orang suci Hindu menghisap ganja menggunakan 'chillum', pipa tanah liat tradisional, menjelang festival Hindu 'Maha Shivaratri', di Kathmandu (9/3/2021). Festival ini juga menandai hari penyempurnaan pernikahan Siwa. (AFP/Prakash Mathema)
Seorang Sadhu atau orang suci Hindu menghisap ganja menjelang festival Hindu 'Maha Shivaratri', di Kathmandu (9/3/2021). Festival ini merupakan peringatan besar untuk menghalau kegelapan dan ketidaktahuan dalam kehidupan di dunia. (AFP/Prakash Mathema)
Seorang Sadhu atau orang suci Hindu menghisap ganja menjelang festival Hindu 'Maha Shivaratri', di Kathmandu (9/3/2021). Ratusan orang suci datang ke kuil untuk mengisap ganja, mereka dapat merokok ganja (hanya di kuil) dan melaburi tubuhnya dengan abu. (AFP/Prakash Mathema)
Seorang Sadhu atau orang suci Hindu mengoleskan cat di wajahnya menjelang festival Hindu 'Maha Shivaratri', di dekat kuil Pashupatinath di Kathmandu (9/3/2021). Orang Suci Hindu tidak diizinkan untuk menjual atau membiarkan peziarah mengisap ganja. (AFP/Prakash Mathema)
Sadhu atau orang suci Hindu mengambil bagian dalam prosesi keagamaan menjelang festival Hindu 'Maha Shivaratri', di Kathmandu (9/3/2021). (AFP/Prakash Mathema)
Seorang Sadhu atau orang suci Hindu mengibaskan rambutnya menjelang festival Hindu 'Maha Shivaratri', di Kathmandu (9/3/2021). (AFP/Prakash Mathema)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya