Ilmuwan Temukan Fosil Titanosaurus Tertua di Argentina, Usianya 140 Juta Tahun

Fosil dinosaurus berusia 140 juta tahun ditemukan di Argentina.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Mar 2021, 18:00 WIB
(Wikipedia)

Liputan6.com, Buenos Aires - Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan menggali fosil dinosaurus titanosaurus tertua di Argentina. Fosil tersebut berusia sekitar 140 juta tahun.

Dikutip dari USA Today, Kamis (4/3/2021), titanosaurus adalah sekelompok dinosaurus pemakan tumbuhan berleher panjang yang mungkin merupakan hewan terbesar yang pernah hidup di Bumi.

Dikenal sebagai Ninjatitan zapati, hewan yang baru ditemukan ini memiliki panjang sekitar 20 meter dan memiliki leher serta ekor yang panjang.

Pablo Gallina, penulis utama studi ini di Dewan Nasional untuk Riset Ilmiah dan Teknis Argentina (CONICET) mengatakan, fosil titanosaurus tersebut adalah yang paling tua di seluruh dunia.

"Itu adalah rekor tertua yang diketahui, tidak hanya dari Argentina tetapi juga di seluruh dunia."

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Diberi Julukan

(Wikipedia)

"Penemuan ini juga sangat penting untuk pengetahuan sejarah evolusi sauropoda karena catatan fosil dari zaman Kapur Awal, sekitar 140 juta tahun yang lalu, sangat langka di seluruh dunia," katanya dalam sebuah pernyataan.

Penemuan baru fosil titanosaurus juga merupakan tanda bahwa mereka hidup lebih lama dari yang sudah diperkirakan sebelumnya yaitu pada awal era Cretaceous yang berakhir dengan kepunahan dinosaurus sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Sisa-sisa fosil dinosaurus ini ditemukan di provinsi Neuquén di wilayah Patagonia Argentina dan dinamai oleh ahli paleontologi Argentina, Sebastian Apesteguia dan teknisi Rogelio Zapata, "El Ninja".

Penemuan ini diumumkan dalam sebuah penelitian di jurnal Ameghiniana.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi

Infografis Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya