Agar Tak Sakit Punggung, 7 Kesalahan Postur Saat Duduk Ini Harus Dihindari

Ada beberapa posisi duduk yang salah yang dapat menyebabkan sakit punggung. Apa saja?

oleh Sulung Lahitani diperbarui 03 Mar 2021, 14:03 WIB
Ilustrasi Duduk Terlalu Lama Credit: pexels.com/AndreaPiaquadio

Liputan6.com, Jakarta Menjalani gaya hidup yang kurang bergerak atau duduk di posisi yang sama untuk waktu yang lama bisa berbahaya untuk kesehatanmu. Anda bahkan menambah risiko tersebut jika duduk dengan posisi yang salah.

Duduk di posisi yang salah dapat menyebabkan sakit punggung, leher tegang, sakit kepala, dan nyeri lengan dan kaki. Berikut ini beberapa posisi duduk yang salah yang sebaiknya Anda hindari seperti dilansir dari TimesofIndia:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 8 halaman

1. Membungkuk

Ilustrasi Menahan Emosi Credit: pexels.com/Ekaterina

Saat Anda duduk dan tanpa disadari memutar bahu Anda ke depan, panggul Anda miring dan tulang punggung berada di posisi yang canggung.

Posisi seperti ini akan menempatkan stres pada tulang belakang dan berujung pada rasa sakit dan ketegangan otot. Biasakan untuk duduk dalam posisi netral dengan menyangga tulang belakang Anda.

 

3 dari 8 halaman

2. Duduk dengan alas yang empuk

Ilustrasi anak remaja duduk bersama orangtuanya. (dok. pexels/Polina Zimmerman)

Seringkali orang lebih memilih untuk duduk di kursi yang empuk atau menaruh bantal di dudukan mereka agar terasa nyaman. Sayangnya, saat Anda melakukan ini, bokong Anda tenggelam, pinggul miring, dan tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan posisi netral. Duduklah di kursi dengan alas yang rata untuk menjaga kesehatan tulang belakang.

 

4 dari 8 halaman

3. Melihat di bawah arah pandangan mata

Ilustrasi Bekerja di Perusahaan Credit: pexels.com/pixabay

Kebanyakan orang yang bekerja dengan laptop melakukan kesalahan ini. Membungkukkan kepala dapat membebani leher dan punggung Anda. Untuk menghindari hal ini, sesuaikan layar laptop Anda atau gunakan dudukan laptop.

 

5 dari 8 halaman

4. Membiarkan kaki melayang

Ilustrasi Fokus dan Bekerja Credit: pexels.com/pixabay

Duduk di atas kursi atau bangku yang tinggi dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan mendorong tubuh untuk mengaktifkan otot perut untuk sesuatu yang tidak diperlukan.

Jika Anda harus duduk untuk waktu yang lama, gunakan kursi yang tepat. Jaga paha paralel dan lutut ditekuk pada sudut 90 derajat.

 

6 dari 8 halaman

5. Bersandar ke belakang

Ilustrasi Fokus Bekerja Credit: pexels.com/ThisIsEngineering

Kebanyakan orang merasa nyaman saat mereka bersandar untuk menopang punggung mereka. Pada kenyataannya, tubuh Anda tak membutuhkan penyangga saat duduk kecuali Anda sedang bergerak. Cobalah duduk di permukaan yang lebih mendukung.

 

7 dari 8 halaman

6. Anda duduk terlalu rendah

Ilustrasi Bekerja Jarah Jauh (Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels).

Saat Anda duduk di kursi yang terlalu rendah, pantat Anda tenggelam di kursi, panggul Anda miring ke belakang, tulang punggung Anda melengkung, dan kepala Anda miring ke depan.

Untuk menjaga agar tulang punggung Anda sejajar, pertahankan kaki pada sudut 90 derajat dan sesuaikan ketinggian kursi Anda.

 

8 dari 8 halaman

7. Duduk menyilangkan kaki

Ilustrasi Bekerja Credit: pexels.com/Lady

Menyilangkan satu kaki di atas yang lain dapat membuat pinggul Anda miring ke atas. Ini akan menempatkan tekanan yang tidak perlu pada tulang punggungmu. Cobalah untuk menjaga lutut sejajar dengan paha untuk menghindari sakit punggung.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya