Ada Paket Misterius di Pabrik Kemas Vaksin COVID-19 Inggris AstraZeneca, Penjinak Bom Dipanggil

Unit penjinak bom dipanggil untuk menangani paket misterius dan mencurigakan di pabrik tempat vaksin COVID-19 AstraZeneca dikemas.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 28 Jan 2021, 16:55 WIB
Ilustrasi paket. Sumber foto: unsplash.com/RoseBox.

Liputan6.com, London - Paket misterius dilaporkan dari pabrik tempat vaksin COVID-19 AstraZeneca dikemas ke dalam botol. Unit penjinak bom kemudian dipanggil untuk menangani paket mencurigakan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Sky News, Kamis (28/1/2021), perusahaan yang mengoperasikan situs tersebut, Wockhardt UK, mengatakan sebagian dari situs tersebut dievakuasi untuk menyelidiki paket misterius tersebut pada Rabu 27 Januari waktu setempat.

Situs ini tidak dimiliki oleh AstraZeneca, tetapi Wockhardt UK adalah salah satu mitra pemasoknya. Pabrik tersebut digunakan untuk mengisi botol vaksin COVID-19 sebelum dikemas dan didistribusikan.

"Tim dari Royal Logistics Corp datang dan memeriksa paket untuk memastikan aman untuk ditangani", ujar kepolisian Wales Utara.

"Isi paketnya akan dibawa untuk dianalisis dan penyelidikan lebih lanjut," imbuh pihak kepolisian terkait temuan paket misterius di pabrik pengemasan Vaksin COVID-19 Inggris tersebut.

Load More

Saksikan Juga Video Ini:

2 dari 3 halaman

Produksi Dihentikan Sementara

Gambar ilustrasi menunjukkan botol berstiker "Vaksin COVID-19" dan jarum suntik dengan logo perusahaan farmasi AstraZeneca, London, Inggris, 17 November 2020. Vaksin buatan AstraZeneca yang bekerja sama dengan Universitas Oxford ini disebut 70 persen ampuh melawan COVID-19. (JUSTIN TALLIS/AFP)

Sesaat sebelum jam 17.00 sore, seorang juru bicara Wockhardt UK mengatakan bahwa produksi "dihentikan sementara", staf diizinkan kembali ke fasilitas setelah paket misterius itu dinyatakan aman.

Dia menambahkan: "Penghentian sementara produksi ini sama sekali tidak mempengaruhi jadwal produksi kami, dan kami berterima kasih kepada pihak berwenang dan ahli atas tanggapan cepat dan penyelesaian insiden tersebut."

Dia mengatakan dia tidak dapat memberikan informasi tentang jumlah vaksin di lokasi, tetapi produksi itu "telah berjalan dengan kecepatan yang sesuai untuk memenuhi kontrak Pemerintah untuk 100 juta dosis vaksin".

Menteri Utsms Welsh Mark Drakeford melalui Twitter berterima kasih kepada "personel keamanan yang berada di lokasi untuk melindungi nyawa dan memastikan keamanan pasokan vaksin kami".More about this source textSource text required for additional translation information

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Cara Vaksin COVID-19 Picu Kekebalan Tubuh

Infografis 3 Cara Vaksin Covid-19 Picu Kekebalan Tubuh. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya