PB HMI MPO Minta Menparekraf Libatkan Pemuda Terkait Sports Tourism

Gagasan Sandiaga Uno tersebut diilai bila dikembangkan dengan baik bisa menjadi solusi pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Jan 2021, 14:16 WIB
Menteri Pariwsata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bermain kano di Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara, sekaligus mencanangkan sport tourism. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam-Majelis Penyelamat Organisasi (PB HMI-MPO) mendukung gagasan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terkait pengembangan wisata berbasis olahraga atau sports tourism di Tanah Air.

Ketua Komisi Pemuda dan Mahasiswa PB HMI Kapitang Munaseli menilai gagasan Sandiaga Uno tersebut bila dikembangkan dengan baik bisa menjadi solusi pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

"Ini strategi jitu untuk pulihkan ekonomi di tengah pandemi. Apalagi memasuki tahun 2021 ini kita dihadapkan dengan berbagai tantangan," kata Kapitang dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (17/1/2020).

Pemuda asal Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) ii meminta Menparekraf agar melakukan koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali terkait kebijakan tersebut agar pemuda lokal dilibatkan dalam program sports tourism.

"Tentu ini sekaligus menindaklanjuti MoU antara kedua kementerian, Kemenpora dan Kemenparekraf yang ditandatangani pada peringatan Hari Olahraga Nasional ke-37 beberapa waktu lalu. Terdapat tiga ide yang akan dikembangkan nanti, di antaranya sport tourism, sport side, dan sport industri," jelas Kapitang.

Menurut Kapitang, dengan adanya keterlibatan pemuda di daerah wisata setempat maka dapat menghidupkan roda ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran.

"Pemerintah harus berkolaborasi dengan masyarakat, khusunya pemuda. Sehingga program sports tourism dirasakan masyarakat manfaatnya," harapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Potensi Wisata Olahraga

Kapitang pun mengajak pemuda dan komunitas lokal untuk ikut berpartisipasi dan mensukseskan program ekonomi Menparekraf.

"Indonesia ini sangat berpotensi, sumber daya alam, keindahan alam termasuk untuk wisata olahraga itu," pungkasnya.

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya