Perluas Jangkauan Jaringan, Tri Indonesia Bangun 6.000 BTS 4.5G Pro

Tri Indonesia menuturkan ribuan BTS ini menambah jangkaun untuk 15 juta penduduk dari total populasi, termasuk yang tinggal di daerah terpencil.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 21 Des 2020, 14:30 WIB
Ilustrasi BTS 4.5G Pro dari Tri Indonesia. (Foto: Tri Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Tri Indonesia selama tahun ini terus memperluas jangkauan jaringannya. Sepanjang 2020, operator tersebut berhasil menambahkan lebih dari 6.000 BTS 4.5G Pro baru di seluruh Indonesia.

Ribuan BTS ini menambah jangkauan untuk 15 juta penduduk dari total populasi, termasuk penduduk yang tinggal di beberapa daerah terpencil, seperti Pulau Bintan, Mandalika, Morowali, dan Konawe yang akses komunikasi selulernya masih sangat terbatas.

"Kami ingin menyampaikan apresiasi kepada pemerintah yang telah memberikan akses kepada kami untuk memperluas jaringan 4.5G Pro kami beberapa area yang mengalami pembatasan di tengah pandemi," tutur CTO Tri Indonesia, Desmond Cheung, dalam keterangan resmi, Senin (21/12/2020).

Terlebih di kondisi saat ini, menurut Desmond, konektivitas data berkecepatan tinggi selama periode bekerja dan belajar dari rumah merupakan hal sangat penting bagi sebagian besar orang.

Menyambut musim liburan Natal dan Tahun Baru 2021, Tri Indonesia juga sudah mengantisipasi lonjakan penggunaan data pelanggan. Selama musim liburan ini, Tri Indonesia memperkirakan akan ada lebih dari 30 persen peningkatan lalu lintas data dibandingkan tahun lalu.

Hal itu terjadi mengingat tingginya aktivitas online di tengah pandemi saat ini. Karenanya, Desmond menuturkan pihaknya telah mengoptimalkan seluruh elemen jaringan dan infrastruktur untuk mendukung layanan internet maupun telekomunikasi.

"Untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami di musim liburan yang akan datang, kami telah mengoptimalkan jaringan kami di ratusan Points of Interest (POI) di kawasan pemukiman dan titik keramaian," tutur Desmond melanjutkan.

Selain itu, Tri Indonesia juga menyediakan Cell of Wheels (COW) tambahan di sepanjang tol Jakarta-Semarang, seperti Rest Area Kendal 1, Rest Area Kendal 2, dan Rest Area Saradan.

2 dari 3 halaman

Kenaikan Trafik Data di Layanan Gim Mobile

Ilustrasi Tri Indonesia. (Foto: Tri Indonesia)

Tidak hanya itu, Tri Indonesia juga memprediksi akan ada kenaikan trafik data pada layanan gim mobile, aplikasi instant messaging, serta media sosial.

Pada tahun lalu, Tri Indonesia mencatat ada lima aplikasi dengan peningkatan penggunaan yang signifikan, yaitu gim Free Fire, WhatsApp, PUBG Mobile, Twitter, dan TikTok.

"Kami harap seluruh pelanggan dapat menikmati momen liburan akhir tahun, bersilaturahmi secara online, dan menikmati berbagai konten serta layanan digital didukung jaringan 4.5G Pro kami yang lebih luas dan kuat," tutur Desmond mengakhiri pernyataannya.

Untuk diketahui, Tri Indonesia sudah memiliki 44.000 BTS 4,5G Pro yang hadir di lebih dari 37.000 desa dan menjangkau lebih dari 200 juta populas di seluruh Indonesia.

3 dari 3 halaman

Kuota Happy Jadi Paket Internet Terbaru Tri Indonesia, Harga Mulai Rp 12 Ribu

Ilustrasi Bima Plus dari Tri Indonesia. (Foto. Tri Indonesia)

Di sisi lain, Tri Indonesia baru saja meluncurkan paket internet terbaru untuk para pelanggannya, yakni Kuota Happy. Paket internet baru ini menawarkan kuota yang dapat dimanfaatkan 100 seratus persen selama 24 jam untuk semua aplikasi.

Paket ini hadir untuk menjawab kebutuhan pelanggan Tri Indonesia yang terus aktif berinternet. Tri Indonesia menyediakan tiga pilihan masa aktif untuk Kuota Happy, yakni lima, tujuh, hingga 30 hari.

Keputusan menghadirkan paket ini selaras pula dengan laporan App Annie yang menyebut penggunaan aplikasi mobile di kuartal ketiga 2020 secara global meningkat 25 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Chief Commercial Officer Tri Indonesia, Dolly Susanto, perusahaan menyadari banyak pelanggan yang menginginkan kuota data besar dengan harga terjangkau untuk mendukung aktivitas digital, terutama di masa seperti sekarang ini.

"Menjawab tantangan tersebut, kami meluncurkan sebuah paket data terbaru yang bernama Kuota Happy untuk membantu para pengguna Tri Indonesia mengakses internet 24 jam tanpa ribet," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (2/12/2020).

Kuota Happy sendiri tersedia dalam beberapa pilihan jumlah kuota data mulai 2GB hingga 25GB. Adapun untuk harga yang diberikan mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 95.000.

Pelanggan Tri Indonesia bisa mengaktifkan paket Kuota Happy ini melalui *123# atau aplikasi Bima Plus.

(Dam/Ysl)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya