Update 28 Oktober: Kasus COVID-19 Global 44,2 Juta, WHO Lapor 2,8 Juta Infeksi Sepekan

Kasus positif Virus Corona COVID-19 di dunia telah mencapai 44,2 juta.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 28 Okt 2020, 09:34 WIB
Staf kementerian kesehatan mengumpulkan sampel untuk pengujian virus corona dari seorang penduduk di daerah perkotaan di Bandar Utama, pinggiran Kuala Lumpur, Malaysia pada hari Kamis, 22 Oktober. (Vincent Thian / AP)

Liputan6.com, Jakarta - Kasus positif Virus Corona COVID-19 di dunia telah mencapai 44.235.091 dengan 1.171.274 kematian.  

Menurut data dari Worldometers, Rabu (28/10/2020), angka kesembuhannya sudah mencapai 32.443.052.

Melansir CNN, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa hampir 3 juta kasus Virus Corona baru telah dilaporkan di seluruh dunia dalam tujuh hari terakhir.

Angka tersebut ternyata merupakan rekor global dalam kurun waktu yang sama. 

Angka tersebut adalah peningkatan eksponensial terpendek dalam jumlah kasus sejak dimulainya pandemi tetapi jumlah kematian baru sebanding dengan minggu-minggu sebelumnya.

Eropa melaporkan jumlah kasus baru tertinggi untuk minggu kedua berturut-turut lebih dari 1,3 juta - meningkat 33% dibandingkan minggu sebelumnya, kata WHO, dan berkontribusi menjadi 46%, atau hampir setengah, dari semua kasus baru secara global minggu ini.

“Demikian pula, jumlah kematian terus meningkat di wilayah tersebut dengan peningkatan 35% dari minggu lalu dan terhitung hampir sepertiga dari semua kematian baru secara global,” lapor WHO. 

Kasus juga meningkat di wilayah Amerika, Mediterania Timur, dan Afrika.

“Meskipun ada variasi regional, negara-negara yang melaporkan jumlah kasus tertinggi dalam seminggu terakhir tetap sama dengan tiga minggu sebelumnya: India, Amerika Serikat, Prancis, Brasil dan Inggris,” kata pejabat WHO.

AS, Brasil, dan Argentina masih melaporkan jumlah tertinggi kasus regional baru COVID-19 dan kematian baru masing-masing sebesar 78% dan 67%.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Meningkatnya Kasus di AS

Orang-orang dengan masker dan pelindung wajah berjalan di Times Square di New York, Amerika Serikat (AS), 31 Agustus 2020. Jumlah kasus COVID-19 di AS melampaui angka 6 juta pada Senin (31/8), menurut Center for Systems Science and Engineering (CSSE) di Universitas Johns Hopkins. (Xinhua/Wang Ying)

Di AS, jumlah kasusnya melonjak sejak 7 September ketika negara tersebut mencatat 240.000 kasus baru minggu itu menjadi lebih dari 400.000 kasus baru dalam seminggu terakhir.

“Kasus sekarang mendekati puncak epidemi sebelumnya pada Juli,” kata WHO.

AS juga melihat 1.318 kasus baru per satu juta penduduk, tetapi angka itu lebih rendah dari beberapa negara Eropa seperti Inggris dengan 2.200 kasus per juta dan Prancis dengan 3.300 per juta. 

Korban tewas di AS telah melampaui 225.000, menurut Universitas Johns Hopkins. 

Amerika Serikat berada di jalur untuk mencapai 100.000 kasus COVID-19 harian baru jika tren seperti saat ini berlanjut, menurut Dr. Ashish Jha, dekan Sekolah Kesehatan Masyarakat Brown University. 

Jha percaya bahwa angka yang mengejutkan dapat dihindari, tetapi dia berkata, “tidak ada cukup dorongan kebijakan untuk bertindak sebagaimana yang kami butuhkan, dan saya khawatir kami akan mencapai 100.000 kasus dalam satu hari di beberapa titik dalam beberapa minggu mendatang."

Jha lebih berharap bahwa jumlah kematian harian tidak akan melonjak seiring dengan kasus COVID-19 saat ini. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya