Tips Memasak Telur Dadar Sempurna ala Chef Jamie Oliver

Entah gagal saat dibalik atau terlalu matang, Jamie Oliver berbagi tips supaya telur dadar buatan Anda jadi sempurna.

oleh Asnida Riani diperbarui 31 Agu 2020, 05:01 WIB
Chef Jamie Oliver. (dok. Youtube Jamie Oliver/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta - Dari sekian banyak opsi, telur dadar masih jadi pilihan favorit untuk sarapan. Kendati sudah sangat familiar, bukan berarti sajian ini selalu mudah dibuat dengan sempurna nan menggugah selera.

Ketika dibalik, telur dadar bisa saja hancur. Karenanya, lewat sebuah unggahan di Facebook page-nya, chef asal Inggris, Jamie Oliver, membagikan trik membuat telur dadar anti-gagal.

Dalam video yang dimaksud, Jamie memilih melengkapi telur dadarnya dengan isian jamur, Anda tentu bisa mengganti filling sesuai selera. Sebagai langkah awal, ia menggoreng jamur dengan sedikit minyak supaya lembap. Sebentar saja, lalu angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, Jamie tampak mengocok lepas tiga butir telur ditambah sedikit garam. Tambahkan minyak zaitun ke wajan, atur api ke sedang atau kecil, dan tuang telur yang tadi sudah dikocok. "Gunakan sendok untuk meratakan telur hingga ke pinggir wajan," katanya.

Bila sudah setengah matang, sambung Jamie, keju bisa ditambahkan. Campuran parutan keju ini bisa langsung ditaburi di atas telur. Sebagai tambahan rasa, Jamie pun memasukkan sejumput lada dan jamur yang sudah digoreng tadi ke bagian atas telur.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Jangan Biarkan Terlalu Matang

ilustrasi telur dadar/copyright unsplash

Jamie pun menyoroti masalah yang acap kali dihadapi saat memasak telur dadar. Karena dimasak dengan suhu sangat rendah di atas wajan, saat diangkat, telur malah jadi sangat matang di piring.

Karenanya, sang koki menyarankan untuk mengangkat telur saat teksturnya masih setengah matang. "Itu akan sempurna saat dipindahkan ke piring," imbuhnya. (Vriskey Herdiyani)

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya