Uang Rupiah Baru Edisi 75 tahun Indonesia Merdeka Meluncur Hari Ini

Peluncuran uang rupiah baru edisi 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan secara virtual dalam rangka mencegah penyebaran covid-19.

oleh Tira Santia diperbarui 17 Agu 2020, 07:18 WIB
Petugas menunjukan pengaman uang saat peruri media visit di kantor Peruri, Karawang, Jawa Barat, Rabu (18/1). Ada unsur pengaman yang mudah dapat diketahui masyarakat dan ada yang hanya bisa diketahui spesialis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hari ini meluncurkan uang rupiah baru dalam rangka memperingati kemerdekaan yang ke-75 tahun Republik Indonesia. Acara peluncuran uang rupiah baru atau rupiah edisi khusus ini akan berlangsung Senin (17/8/2020), pukul 11.15 - 11.45 WIB.

Uang baru ini bukan merupakan uang untuk transaksi melainkan edisi khusus untuk dikoleksi. Sebelumnya BI memang beberapa kali telah menerbitkan uang edisi koleksi.

Misalnya uang edisi khusus Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri perjuangan Angkatan 45, Seri Save The Children, Seri Cagar Alam, dan beberapa seri lainnya. Sayangnya, Bank Indonesia (BI) belum memberikan banyak informasi banyak mengenai nama dan tema uang baru tersebut.

Kendati begitu, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari membenarkan rencana peluncuran uang rupiah baru.

“Betul Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia akan meluncurkan uang baru,” kata Rahayu kepada Liputan6.com, Minggu (16/8/2020).

Rahayu menyebut peluncuran dilaksanakan secara virtual dalam rangka mencegah penyebaran covid-19. “Secara Virtual, sesuai undangan dari BI," ujarnya.

Peluncuran uang rupiah baru ini akan dilakukan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara virtual. Kegiatan ini bisa disaksikan melalui live streaming kanal youtube Bank Indonesia. 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya