Waspada Kontaminasi Zat Kimia, Bahaya Makanan Wadah Plastik Dipanaskan Microwave

Waspada, memanaskan makanan berwadah plastik dalam microwave bisa menimbulkan efek samping kesehatan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 20 Jul 2020, 20:10 WIB
Ilustrasi Microwave (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan microwave telah menjadi solusi cepat, efektif dan efisien ketika Anda hendak memanaskan makanan. 

Namun, banyak perdebatan kemudian muncul terkait penggunaan microwave setiap harinya.

Ketika digunakan dengan benar, tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal radiasi gelombang mikro, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Namun kekhawatiran lain pun muncul, termasuk apakah makanan microwave menyebabkan hilangnya nutrisi, atau apakah memanaskan makanan dalam plastik dapat memicu gangguan hormon.

Mengutip laman BBC, Senin (20/7/2020), beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa sayuran kehilangan sebagian nilai gizinya dalam microwave.

Misalnya, microwave telah ditemukan untuk menghilangkan 97% flavonoid - senyawa tanaman dengan manfaat anti-inflamasi - dalam brokoli.

Namun, salah satu studi di tahun 2019 yang mengamati hilangnya nutrisi brokoli dalam microwave menunjukkan bahwa penelitian sebelumnya memvariasikan waktu memasak, suhu, dan apakah brokoli ada di dalam air atau tidak. Ditemukan bahwa waktu memasak yang lebih singkat (mereka membuat brokoli dalam microwave selama satu menit) tidak mengurangi kandungan nutrisi. 

Penggunaan microwave bahkan bisa meningkatkan kandungan flavonoid, yang merupakan senyawa yang terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. 

"Di bawah kondisi memasak yang digunakan dalam penelitian ini, microwave tampaknya menjadi cara yang lebih baik untuk menjaga kadar flavonoid daripada mengukus," tulis para peneliti.

Namun mereka juga menemukan bahwa penggunaan microwave dengan air terlalu banyak (seperti jumlah yang akan Anda gunakan untuk mendidih) menyebabkan penurunan flavonoid.

Peneliti utama Xianli Wu, seorang ilmuwan di Beltsville Human Nutrition Research Center di Departemen Pertanian AS, mengatakan tidak ada satu mekanisme yang disepakati untuk menjelaskan mengapa gelombang mikro dapat meningkatkan kandungan flavonoid.

Bisa jadi gelombang mikro membuat flavonoid lebih mudah untuk diukur - mungkin dengan melunakkan jaringan tanaman, membuatnya lebih mudah untuk diekstraksi, daripada meningkatkan jumlahnya

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Bahaya Wadah Plastik

Jika Anda memiliki kebiasaan memanaskan sayuran dalam microwave untuk menyingkat waktu saat masak, mungkin Anda harus berpikir dua kali

Tanpa sadar, Anda mungkin sering memanaskan makanan di dalam wadah plastik dan pembungkusnya, tetapi beberapa ilmuwan memperingatkan risiko menelan bahan kimia ftalat. Saat terkena panas, aditif plastik ini dapat terurai dan larut ke dalam makanan.

"Beberapa plastik tidak dirancang untuk gelombang mikro karena memiliki polimer di dalamnya untuk membuatnya lunak dan fleksibel, yang meleleh pada suhu yang lebih rendah dan dapat larut selama proses microwave jika melampaui 100 derajat Celcius (212 Fahrenheit)," kata Juming Tang, profesor teknik makanan di Washington State University.

Dalam sebuah studi di tahun 2011, para peneliti membeli lebih dari 400 wadah plastik yang dirancang untuk diisi dengan makanan, dan menemukan bahwa sebagian besar bahan kimia bocor yang berpotensi mengganggu hormon.

Phthalates adalah salah satu kandungan dalam plastik yang paling umum digunakan dan ditambahkan untuk membuat plastik lebih fleksibel dan sering ditemukan dalam wadah take away, bungkus plastik dan botol air. Mereka telah terbukti dapat mengganggu hormon dan sistem metabolisme.

Pada anak-anak, ftalat dapat meningkatkan tekanan darah dan resistensi insulin, yang dapat meningkatkan risiko gangguan metabolisme seperti diabetes dan hipertensi. Paparan juga telah dikaitkan dengan masalah kesuburan, asma dan ADHD.

Phthalates juga berpotensi mengganggu hormon tiroid, kata Leonardo Trasande, profesor kedokteran lingkungan dan kesehatan populasi di NYU School of Medicine di New York. Antara lain, hormon ini sangat penting untuk perkembangan otak bayi selama kehamilan.  

Bisphenol (BPA) juga biasa digunakan dalam produk plastik, dan penelitian menunjukkan bahwa itu juga dapat mengganggu hormon. Tetapi penelitian terbatas, dibandingkan dengan jumlah penelitian yang mengamati phthalates.

ftalat ada di mana-mana - bahkan dalam mainan dan losion tubuh - dan masih belum jelas seberapa besar kerusakan yang mereka timbulkan. Tetapi sebagian besar ahli sepakat bahwa memanaskan plastik dengan kandungan ftalat dapat meningkatkan paparan.

Penting untuk diingat bahwa saat memanaskan makanan dalam wadah plastik, paparan juga dapat terjadi dengan plastik yang tidak menyentuh makanan, seperti penutup.

"Air naik sebagai uap dari makanan, dan kemudian mengembun di bagian bawah tutupnya, dan bahan kimia yang diekstraksi dari tutup kemudian jatuh ke dalam makanan Anda, yang terkandung dalam tetesan kondensasi," kata Rolf Halden, profesor dan direktur Biodesign Center untuk Teknik Kesehatan Lingkungan di Arizona State University.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya