Erick Thohir: Pemulihan Ekonomi dan Kesehatan Harus Jalan Bersamaan

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan baik sektor ekonomi maupun kesehatan harus segera mendapat pemulihan.

oleh Athika Rahma diperbarui 20 Jul 2020, 15:15 WIB
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memberi paparan saat mengunjungi Kantor Liputan 6 di SCTV TOWER, Jakarta, Senin (10/12). Kunjungan Erick Thohir dalam rangka roadshow ke beberapa media. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, baik sektor ekonomi maupun kesehatan, dua-duanya harus segara mendapat pemulihan mengingat pandemi Covid-19 masih belum menunjukkan tanda akan mereda.

Hal itu dikarenakan apa yang terjadi pada kesehatan masyarakat akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

"Dengan kondisi hari ini, kedua hal ini harus jalan. Kita nggak mau dengan istilah normal baru, disalahartikan, masyarakat melakukan kegiatan dengan bebas tanpa disiplin. Akhirnya ketika second wave, ekonomi kena lagi," jelas Erick di kantornya, Senin (20/7/2020).

Erick Thohir bilang, saat ini sudah banyak bukti bahwa sektor bisnis belum bisa pulih seutuhnya gegara tingkat kedisplinan masyarakat yang masih rendah. Misalnya, sektor perfilman, lalu sektor hiburan seperti live music di kafe-kafe dan sebagainya.

Sehingga, tidak bisa diputuskan sektor mana yang akan diprioritaskan terlebih dahulu karena semuanya saling berkaitan.

"Nggak bisa putuskan mana yang lebih awal, dari kesehatan misalnya ada 2-3 program, ekonomi juga 2-3 program, disinergikan. Daya beli masyarakat harus ditingkatkan tapi kan supply pangannya harus tersedia," jelas Erick Thohir.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Tim Khusus

Erick Thohir menyerahkan apresiasi bagi petugas KRL yang temukan uang Rp 500 juta (dok: KBUMN)

Oleh karenanya, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk membentuk tim khusus pemulihan ekonomi dan Covid-19 yang programnya berjalan beriringan dengan target masing-masing.

Tim khusus ini berada di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga, dimana Erick ditunjuk sebagai pemimpin yang bertugas dalam pelaksanaannya.

Untuk tim ekonomi, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin akan menjadi penanggung jawabnya, sedangkan penanggung jawab tim pemulihan Covid-19 akan dipegang oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya