Cerita Chris John Bertahan dengan Pelatih yang Terkesan Arogan

Lama tidak terdengar, Chris John, bakal berbagi cerita lewat acara Inspirato yang ditayangkan secara live streaming di Liputan6.com. Kamis (11/6/2020)

oleh Marco Tampubolon diperbarui 11 Jun 2020, 13:55 WIB
Chris John di Luar Ring - Liputan 6 #sharingsession (TriYas)

Liputan6.com, Jakarta Lama tidak terdengar, mantan juara dunia tinju kelas berat kelas bulu 57,1 kg asal Indonesia, Chris John, bakal berbagi cerita lewat acara Inspirato yang ditayangkan secara live streaming di Liputan6.com. Kamis (11/6/2020). The Dragon--julukannya--bakal berbagi kisah mengenai kehidupannya di luar ring tinju dan masa lalunya sebagai salah satu petinju tersukses di Indonesia.

Sosok Chris John sebenarnya sudah tidak asing bagi para pecinta olahraga tinju Tanah Air. Pria kelahiran Banjarnegara itu pernah menjadi penguasa kelas bulu versi badan tinju dunia WBA. 

Tidak hanya sukses menjadi juara dunia, Chris John merupakan petinju Indonesia pertama yang menyandang gelar Super Champions usai mempertahankan sabuk juaranya 10 kali beruntun. 

Craig Christian, manajer sekaligus pelatih Chris John punya andil yang sangat besar dalam menjaga keperksaan Chris John di jalur tinju dunia. Meski terkadang dianggap terlalu pilih-pilih lawan, pemilik sasana Harry's Gym di Australia itu mampu menjaga Chris John bertahan lama di tampuk kejayaan. 

 

2 dari 4 halaman

Teman di Luar Ring

Petinju Indonesia, Chris John, saat menghadiri konferensi pers MMA Brave Fighter di Hotel Santika, Jakarta, Kamis (10/5/2018). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Melihat penampilannya, sulit rasanya membayangkan Chris John bisa bertahan bersama Craig. Sebab dalam kesehariannya, kedua sosok ini seperti bumi dan langit. Chris John dikenal sebagai sosok yang ramah dan murah senyum, sementara Craig terkesan arogan dan penuh kontroversi.

Saat Chris John akan berhadapan dengan Juan Manuel Marquez di Tenggarong, Kalimantan Timur, 4 Maret 2003, Craig bahkan sempat terlibat perkelahian di salah satu diskotik di negaranya. Akibat kejadian tersebut, Craig harus berurusan dengan pihak berwajib di negaranya. 

"Seperti itu ya?" ujar Chris John saat Liputan6.com menanyakan hal ini sebelum live Inspirato. 

"Dia tidak seperti penampilannya. Justru dia kalau untuk urusan kerjaan itu sangat profesional. Saat melatih, dia sangat profesional, tapi di luar itu kita jatuhnya seperti sahabat," beber Chris John.

Chris John mengaku di luar ring tinju, keduanya berteman dekat. Dan menurutnya, Craig menjadi sosok yang enak untuk diajak bertukar cerita. "Dia sosok yang asyik diajak ngobrol," kata Chris John.

  

3 dari 4 halaman

Rebut Super Champions

Petinju Indonesia, Daud Yordan (kiri) bercanda dengan pelatihnya Craig Christian di Jakarta, Selasa (17/5/2016). Daud akan memperebutkan sabuk WBA Lightweight International melawan Cristian Rafael Coria, 4 Juni mendatang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Craig memang bukan pelatih pertama Chris John. Era kejayaan mantan atlet wushu itu muncul saat ditangani oleh mendiang Sutan Rambing di sasana UOB Semarang. Bersama Sutan, Chris John berhasil merebut gelar juara dunia tinju kelas bulu versi WBA usai mengalahkan Oscar Leon di Bali 2003 lalu.

Bersama Sutan Rambing, Chris John juga berhasil merebut kemenangan dalam dua perandingan berikutnya melawan bertemu Osamu Sato (2004) dan Jose Rojas (2004).

Jelang pertarungan melawan Derrick Gainer setahun kemudian, Chris John baru beralih ke Craig Christian. Bersama pelatih asal Australia itu, Chris John sukses mempertahankan gelarnya sebanyak 16 kali sekaligus menjadikannya sebagai super champions di kelas bulu versi badan tinju WBA. 

Sayang, gelar ini akhirnya lepas setelah Chris John kalah di laga terakhir sebelum pensiun melawan petinju Afrika Selatan Simpiwe Vetyeka di Australia, 6 Desember 2013. Ini menjadi satu-satunya kekalahan yang dialami Chris John sepanjang kariernya sebagai petinju profesional (48 (22KO) -1 (1KO) -3).

Selain menangani Chris John, Craig Christian juga sempat melatih Daud 'Cino' Yordan. "Pertemanan kami masih terjalin sampai sekarang. Beberapa kali masih sering kontak," kata Chris John soal Craig.

Nah bagi Anda sahabat bola.liputan6.com yang masih memiliki pertanyaan untuk Chris John, silahkan ikuti acara live streaming Inspirator: Chris John di Luar Ring sore ini, pukul 15.00 WIB. 

Para pembaca dan pecinta tinju Tanah Air dapat menyaksikan acara tersebut via Zoom. Caranya, klik link live streaming Zoom 'Chris John di Luar Ring' di bawah ini.

   

 

4 dari 4 halaman

Link Live Streaming

Untuk menyaksikan acara Chris John di Luar Ring, silakan klik link berikut ini: https://us02web.zoom.us/j/88486648389

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya