Produktif dan Aman dari COVID-19, Yuri: Ini yang Disebut Normal yang Baru

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 19 Mei 2020, 11:00 WIB
Juru Bicara Penanganan COVID-19 di Indonesia, Achmad Yurianto saat konferensi pers Corona di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (25/4/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama lagi masyarakat Indonesia akan masuk pada era normal yang baru. Achmad Yurianto, juru bicara penanganan Corona di Indonesia, mengatakan, apabila di 'kehidupan yang baru' nanti tetap fokus pada protokol kesehatan, masyarakat bisa mengendalikan dan memutus penyebaran COVID-19.

"Maka kita bisa melihat bahwa penambahan kasus baru akan bisa kita kendalikan," kata Yuri.

Ketika kasus baru COVID-19 di Indonesia bisa dikendalikan, tentu saja, lanjut Yuri, secara sistematis jumlahnya akan menurun.

"Dan ini pun dimaknai bahwa kasus kematian semakin bisa kita turunkan," katanya.

Menurut Yuri, ini hanya bisa dilakukan jika secara masif dilakukan pemeriksaan, dan melakukan penelusuran kontak secara agresif, dan secara ketat serta disiplin melakukan isolasi diri.

"Rumah sakit pun akan melakukan perawatan lebih baik lagi," katanya.

Yuri, menekankan, ini upaya yang bisa dilakukan masyarakat dan pemerintah di kehidupan normal yang baru.

Oleh sebab itu, kata Yuri, bukan hanya menyikapi tetang cara hidup normal yang baru saja, tetapi kita juga mempertahankan produktivitas.

"Oleh karena itu, kita harus tetap produktif dan aman dari COVID-19. Ini yang disebut dengan normal yang baru," ujarnya.

Simak Video Menarik Berikut Ini

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya