Tak Hanya Manusia, Anjing dan Kucing Liar Thailand Terancam Kelaparan Akibat Corona

Anjing dan kucing liar di Thailand terancam kelaparan layaknya manusia selama pandemi Corona COVID-19.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 23 Apr 2020, 18:35 WIB
Ilustrasi Anjing Labrador. (Liputan6/Pixabay)

Liputan6.com, Bangkok - Pandemi COVID-19 berdampak besar pada hewan peliharaan yang ditinggalkan di Thailand. Selain yang ada di jalanan, kucing dan anjing di penampungan hewan juga terkena dampaknya.

Ozzy, seekor anjing liar di Thailand sekarat ketika dia ditemukan di daerah berhutan Phuket bulan lalu. 

Menurut laporan Channel News Asia, Kamis (23/4/2020), tubuhnya yang tua itu lemah, kotor dan penuh dengan kutu. Bantalan kakinya berwarna merah karena peradangan. Dua peluru juga bersarang di dada dan punggungnya.

 Anjing itu bahkan tidak tersentak ketika penyelamat mencoba menyelamatkan hidupnya.

"Kita bisa melihat dia sangat kesakitan," kata Sam McElroy dari Soi Dog Foundation - organisasi nirlaba yang berbasis di Phuket yang telah membantu kucing dan anjing jalanan di Thailand sejak 2003.

"Ozzy sudah putus asa. Bocah malang ini, mungkin berusia 10 tahun, pergi ke hutan untuk mati."

Tapi Ozzy adalah salah satu dari sedikit anjing jalanan di Thailand yang berhasil masuk ke penampungan hewan selama pandemi Virus Corona COVID-19. Krisis kesehatan tidak hanya berdampak pada orang tetapi juga membuat keadaan jadi lebih sulit bagi hampir dua juta kucing dan anjing yang ditinggalkan untuk bertahan hidup di jalanan.

Banyak dari mereka berisiko kelaparan karena mereka yang biasanya memberi makan mereka tidak dapat bergerak bebas seperti sebelumnya karena aturan jam malam nasional dan penutupan berbagai tempat bisnis. Pada saat yang sama, dampak ekonomi telah menekan banyak penduduk.

“Pemberi makan komunitas telah menjadi garis depan bantuan, menggunakan sumber daya pribadi mereka sendiri tetapi mereka juga terkena dampak perlambatan ekonomi,” kata Keren Nazareth dari Humane Society International (HSI) - sebuah organisasi kesejahteraan hewan global yang menyelamatkan dan melindungi kucing dan anjing di berbagai belahan dunia.

"HSI mendesak pemerintah di seluruh Asia untuk mengambil langkah-langkah proaktif untuk hewan jalanan mereka, untuk mencegah penderitaan besar, kesusahan dan kematian," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2 dari 2 halaman

Dampak dari Ekonomi yang Melambat

Populasi besar kucing liar yang membuat desa Huotong di Taiwan utara terbebas dari jerat kebangkrutan (AP/Wally Santana)

Awal bulan ini, Pusat Intelijen Ekonomi Siam Commercial Bank (EIC) memperkirakan jumlah pengangguran di Thailand akan mencapai 3 juta hingga 5 juta orang tahun ini karena negara itu “terjebak dalam gejolak ekonomi yang tidak terduga” yang disebabkan oleh krisis COVID-19.

Dalam laporan April, EIC mengatakan sekitar 60 persen rumah tangga Thailand tidak memiliki aset keuangan yang cukup untuk menutupi biaya tiga bulan.

Meskipun banyak pekerja mungkin masih dipekerjakan, mereka cenderung hidup dengan jam kerja yang lebih rendah dan pendapatan yang lebih rendah pula. Beberapa bahkan mungkin tidak menghasilkan uang selama beberapa periode.

Untuk kucing dan anjing yang tersesat, ekonomi yang lamban dan pembatasan perjalanan sangat membatasi bantuan yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup. Beberapa dari mereka bergantung pada anggota masyarakat yang peduli yang memberi mereka makanan dan air, sementara yang lain memberi makan dari sisa makanan yang ditinggalkan oleh restoran dan penjual makanan kecil.

Tetapi ketika pemerintah Thailand mencoba mengendalikan wabah itu, banyak restoran dan warung makan terpaksa menutup pintu mereka untuk mencegah pertemuan sosial.

“Pemerintah di seluruh dunia tidak memiliki pilihan selain menyerukan dan kemudian memperluas penguncian untuk melindungi orang. Namun, apa artinya ini bagi jutaan hewan yang hidup di jalanan tiba-tiba kekurangan pasokan makanan dan air reguler dari masyarakat setempat, dan ini dapat dengan cepat menyebabkan hewan kelaparan," kata Nazareth.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya