Situs Kartu Prakerja Sudah Bisa Diakses, Yuk Daftar Sekarang!

Jenis pelatihan yang dapat diambil dalam program Kartu Prakerja di masa wabah Corona Covid-19 adalah yang berbasis daring.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 11 Apr 2020, 19:24 WIB
Calon Presiden petahana Joko Widodo saat memberikan pidato politiknya pada acara Festival Satu Indonesia di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (10/3). Pada pidatonya Jokowi mengenalkan kartu prakerja bila terpilih. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah meluncurkan Program Kartu Prakerja. Program ini memberikan bantuan biaya pelatihan bagi warga yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.

Jenis pelatihan yang dapat diambil dalam program Kartu Prakerja di masa wabah Corona Covid-19 adalah yang berbasis daring.

Platform digital yang bekerja sama dengan Program Kartu Prakerja sampai saat ini antara lain: Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker.

jika kamu ingin mendaftar program Kartu Prakerja, dikutip dari laman resmi prakerja.go.id, Sabtu (11/4/2020), berikut caranya:

LANGKAH 1 : Daftarkan dirimu

Sebelum daftar, pastikan kamu:

- WNI

- Minimal berusia 18 tahun

- Sedang tidak menempuh pendidikan formal

Setelah daftar, data kamu akan kami verifikasi

LANGKAH 2 : Tes Motivasi dan Matematika Dasar

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat tulis seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

LANGKAH 3 : Pilih Pelatihan yang Kamu Inginkan

Pastikan kamu mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang kamu pilih.

Jika sudah melalui ketiga langkah tersebut, berarti kamu sudah masuk dalam Program Kartu Prakerja, Selamat!

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

GoPay Resmi Jadi Mitra Pembayaran Kartu Prakerja

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat Rakor program Kartu Prakerja melalui teleconference dengan para Kadisnaker se-Indonesia di kantor Kemnaker, Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Sebelumnya, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dan PT Dompet Anak Bangsa (GoPay) menandatangani nota kesepahaman mengenai pelaksanaan program Kartu Prakerja. Dengan penandatanganan ini maka GoPay resmi jadi mitra pembayaran Program Kartu Prakerja.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menjelaskan, dengan kolaborasi ini, peserta program Kartu Prakerja dapat menggunakan akun GoPay miliknya untuk menerima bantuan insentif non-tunai dari Program Kartu Prakerja.

GoPay menjadi mitra pembayaran resmi Kartu Prakerja ke-4 setelah BNI, LinkAja, dan OVO.

“Program Kartu Prakerja akan memberikan bantuan insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dan insentif survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei kepada setiap peserta Kartu Prakerja," jelas dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/4/2020).

"Kemitraan dengan GoPay adalah bagian dari upaya Manajemen Pelaksana untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi peserta Kartu Prakerja selain meningkatkan inklusi keuangan," tambah dia. 

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi dan peningkatan produktivitas melalui bantuan biaya pelatihan yang diberikan kepada semua WNI yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah/kuliah dan mereka yang terkena dampak langsung dari COVID-19.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya