Pimpinan DPR Diminta Bentuk Tim Pengawas untuk Bantu Pemerintah Melawan Covid-19

Pimpinan DPR bisa mengusulkan kepada fraksi agar mengirim anggotanya yang bertugas dan terkait dengan dampak Virus Corona Covid-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Mar 2020, 19:10 WIB
Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi Hukum DPR RI M Nasir Djamil mendesak Pimpinan DPR RI agar membentuk tim pengawas untuk memastikan gugus tugas yang dibentuk pemerintah dalam melawan sebaran Virus Corona Covid-19 berjalan efektif.

Dia pun berharap, tim pengawas bisa terbentuk pada masa sidang ke depan ini, lantaran hingga Jumat telah ada 32 warga yang meninggal dan 369 yang terinfeksi Covid-19.

"Pembentukan tim pengawas ini merupakan konsekuensi fungsi DPR dan tanggungjawab moral sebagai wakil rakyat," ujar Nasir Djamil, Jumat (20/3/2020).

Menurutnya, tim ini terdiri dari lintas fraksi dan komisi serta dipimpin oleh salah seorang pimpinan DPR. Dan diharapkan anggota dewan yang mengisi tim tersebut berasal dari seluruh komisi.

Pimpinan DPR juga bisa mengusulkan kepada fraksi agar mengirim anggotanya yang bertugas dan terkait dengan dampak Virus Corona Covid-19. Misalnya komisi ekonomi, dan keuangan, kesehatan dan tenaga kerja, pemerintahan dalam negeri dan luar negeri, serta komisi hukum.

"Tim pengawas ini diharapkan mengawasi kebijakan dan realisasi di lapangan. DPR ingin pandemi corona ini bisa diselesaikan dalam waktu yang tidak lama," ujar Nasir.

Nasir menyebutkan, sejak dirinya menjadi anggota DPR, telah banyak dibentuk tim pengawasan. Pembentukan itu sangat dibutuhkan agar pemerintah bisa sukses menjalan kebijakannya.

Tentu saja pola kerja tim pengawas ini akan berbeda dengan tim pengawas serupa yang pernah dibentuk, mengingat daya rusak Virus Corona Covid-19 yang tidak terlihat secara cepat.

"Kita yakin tidak ada yang tahu sampai kapan pandemi corona ini akan berakhir. Karena itu tim pengawas yang akan dibentuk oleh DPR sesuatu yang penting dan mendesak diwujudkan. Tim pengawas DPR ini hadir untuk mengawasi dan membantu pemerintah dalam melawan dan mengakhiri virus corona. Harus ada kolaborasi antara doa dan kerja keras semua lembaga negara," ujar politisi asal Aceh itu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya