Mengaku Flu, Paus Fransiskus Umumkan Tak Ikuti Rangkaian Prapaskah

Terlihat kurang sehat, Paus Fransiskus umumkan tidak ikuti rangkaian kegiatan di masa prapaskah.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 02 Mar 2020, 14:02 WIB
Paus Fransiskus terbatuk saat memimpin Doa Angelus dari jendela yang menghadap Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Minggu (1/3/2020). Paus Fransiskus muncul ke muka umum untuk pertama kalinya setelah empat hari tak enak badan hingga membatalkan beberapa pertemuan dan kegiatan. (AP/Andrew Medichini)

Liputan6.com, Vatikan - Terlihat kurang sehat, Paus Fransiskus mengumumkan kepada para peziarah yang berkumpul untuk pemberkatan tradisional di St. Peter’s Square, Vatikan, pada Minggu 1 Maret bahwa ia membatalkan keikutsertaannya dalam retret spiritual selama sepekan di pedesaan Romawi, karena flu yang tengah dialaminya.

Dalam tujuh tahun kepausannya, Paus Fransiskus pertama kalinya melewatkan aktivitas spiritual yang dia mulai sejak awal untuk menandai awal setiap musim prapaskah.

Berusaha untuk sembuh dari flu, Paus Fransiskus juga dilaporkan telah membatalkan beberapa pertemuan pekerjaan resmi pekan ini, seperti dikutip dari Associated Press, Senin (3/2/2020).

Ketika berbicara di St. Peter’s Square, Paus Fransiskus sempat berhenti sejenak sebanyak 2 kali untuk batuk.

Saksikan Video Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Meminta Doa

Paus Fransiskus melambaikan tangan saat memimpin Doa Angelus dari jendela studionya yang menghadap Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Minggu (1/3/2020). Pemimpin umat Katolik itu untuk pertama kalinya tampil di muka publik dalam empat hari terakhir setelah tak enak badan. (AP/Andrew Medichini)

Saat berbicara di depan publik Paus Fransiskus juga meminta doa untuk retret spiritual, dan menjelaskan kondisinya, "Sayangnya flu membuat saya tidak berpartisipasi tahun ini. Saya akan mengikuti meditasi dari sini."   

Sebelumnya, Paus Fransiskus tidak pernah membatalkan begitu banyak audiensi resmi atau acara di kepausannya.

Namun Kantor Pers Vatikan mengatakan bahwa Paus Fransiskus terus bekerja dari kediamannya di Hotel Santa Marta di Vatikan dan menerima tamu secara pribadi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya