FOTO: [CERITA] Steluta Duta, Inspirator Gadis - Gadis Rumania

Steluta Duta merupakan seorang yatim piatu tunawisma yang berhasil mewujudkan mimpinya menjadi petinju profesional di Rumania. Keberhasilan Steluta Duta menjadi inspirasi buat para remaja Rumania membangun karir dan keluar dari garis kemiskinan.

oleh Johan Fatzry diperbarui 23 Feb 2020, 12:00 WIB
Steluta Duta, Inspirator Gadis - Gadis Rumania
Steluta Duta merupakan seorang yatim piatu tunawisma yang berhasil mewujudkan mimpinya menjadi petinju profesional di Rumania. Keberhasilan Steluta Duta menjadi inspirasi buat para remaja Rumania membangun karir dan keluar dari garis kemiskinan.
Steluta Duta mengambil bagian dalam kamp persiapan di Sarata Monteoru, sebuah kota kecil wisata di perbukitan Carpathians Timur di Rumania (14/1/2020). Steluta Duta merupakan gadis yatim piatu tunawisma. (AFP/Daniel Mihailescu)
Pelatih Constantin Voicilas (kanan) dan Steluta Duta mengikuti sesi pelatihan di Buzau, Rumania (17/1/2020). Kondisi Steluta Duta yang yatim piatu menjadikannya cukup dan berjuang mencari nafkah. (AFP/Daniel Mihailescu)
Steluta Duta mengikuti pelatihan di Buzau, Rumania (17/1/2020). Pada sekitar Januari 2002, Steluta Duta mulai masuk dan berlatih salah satu sasana tinju di kota Buzau dan mulai meniti karir sebagai atlet profesional. (AFP/Daniel Mihailescu)
Steluta Duta (kiri) berlatih dengan Bianca Lacatusu selama sesi pelatihan di Buzau, Rumania (17/1/2020). Steluta Duta meniti karir selama hampir dua dekade, setiap pertandingan membawanya lebih dekat ke apa yang ia sebut "kehidupan normal, jauh dari kesengsaraan". (AFP/Daniel Mihailescu)
Steluta Duta (kiri) berlatih dengan Bianca Lacatusu selama sesi pelatihan di Buzau, Rumania (17/1/2020). Menurutnya Steluta Duta menjadi petinju merupakan salah satu kesempatan pertaruhan dalam hidupnya. (AFP/Daniel Mihailescu)
Steluta Duta (tengah) dan rekan-rekannya beristirahat di Sarata Monteoru, sebuah kota kecil di perbukitan Carpathians Timur di Rumania (14/1/2020). Rumania merupakan salah satu yang termiskin di Uni Eropa, dengan 38 persen anak-anak beresiko pengucilan sosial dan kemiskinan. (AFP/Daniel Mihailescu)
Gadis-gadis Rumania saat berlatih tinju di kamp persiapan di Sarata Monteoru, sebuah kota kecil wisata di perbukitan Carpathians Timur di Rumania (14/1/2020). Keberhasilan Steluta Duta memberi inspirasi bagi remaja yatim piatu untuk atlet tinju profesional. (AFP/Daniel Mihailescu)
Gadis-gadis Rumania mengenakan sarung tinju sebelum latihan di Sarata Monteoru, sebuah kota kecil wisata di perbukitan Carpathians Timur di Rumania (14/1/2020). Saat ini Steluta Duta lebih banyak membantu generasi berikutnya untuk mengatasi rintangan di atas ring. (AFP/Daniel Mihailescu)
Steluta Duta menginstruksikan petinju muda selama latihan di Buzau (17/1/2020). Di usia 38 tahun, Steluta Duta berhasil meraih medali perak tiga kali di Kejuaraan Dunia olahraga dan pemenang medali emas tiga kali di Kejuaraan Eropa dalam kategori kelas terbang ringan. (AFP/Daniel Mihailescu)
Steluta Duta berpose di depan piala di rumahnya di Buzau City (17/1/2020). Steluta Duta berhasil mengatasi tantangan berat dalam membangun karier sebagai petinju profesional yang sukses di Rumania. (AFP/Daniel Mihailescu)
Salah satu gadis Rumania saat berlatih dengan latar belakang spanduk bergambar Steluta Duta di Buzau, Rumania (17/1/2020). Keberhasilan Steluta Duta memberi inspirasi bagi remaja yatim piatu untuk atlet tinju profesional. (AFP/Daniel Mihailescu)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya