Waspadai Hujan Lebat Sepekan ke Depan di Indonesia, Ini Titiknya

BMKG mengingatkan agar waspada hujan lebat disertai petir sepekan ke depan di beberapa titik wilayah Indonesia.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Jan 2020, 20:15 WIB
Kondisi taksi saat terendam banjir di Pool Blue Bird, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Banjir yang terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya menyebabkan puluhan taksi dan belasan mobil terendam sejak pukul 04.00 WIB. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprakirakan potensi hujan lebat disertai kilat/petir sepekan ke depan di beberapa wilayah titik wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono Prabowo, menjelaskan peristiwa ini terjadi karena sirkulasi siklonik di sekitar perairan barat daya Lampung yang menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang di sebelah barat wilayah Sumatera Utara hingga Selatan dan terbentuknya belokan angin di sekitar wilayah Jawa.

Selain itu, Mulyono mengatakan Kondisi labilitas atmosfer cukup signifikan menyebabkan peningkatan massa udara basah di beberapa wilayah Indonesia.

“Faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Indonesia bagian barat,” kata Mulyono, Senin (27/1/2020)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Potensi Hujan Lebat

Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Google Maps)

Bedasarkan kondisi tersebut, BMKG menjelaskan beberapa titik wilayah Indonesia yang mengalami intensitas hujan lebat pada tangga 28 Januari hingga 3 Februari 2020.

 

Periode 28-30 Januari 2020 :

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Bengkulu

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Lampung

- Banten

- DKI Jakarta

- Jawa Barat

- Jawa Tengah

- DI Yogyakarta

- Jawa Timur

- Kalimantan Barat

- Kalimantan Tengah

- Sulawesi Selatan

 

Periode 31 Januari-3 Februari 2020 :

- Sumatera Barat

- Jambi

- Bengkulu

- Sumatera Selatan

- Lampung

- Banten

- DKI Jakarta

- Jawa Barat

- Jawa Tengah

- Jawa Timur

- Kalimantan Barat

- Kalimantan Utara

- Sulawesi Barat

- Sulawesi Selatan

3 dari 3 halaman

Siaga Banjir Sumbar dan Bengkulu

Warga dievakuasi menggunakan perahu karet dari salah satu gang di Kawasan Rawajati yang tergenang banjir, Jakarta, Rabu Rabu (1/1/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Selasa sore (31/12/2019) mengakibatkan banjir di sejumlah titik di Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Curah hujan tinggi di beberapa daerah, BMKG memperingatkan status siaga banjir beberapa wilayah Indonesia terutama untuk daerah Sumatera Barat dan Bengkulu

“Status Siaga potensi banjir/genangan 28-29 Januari 2020,” tutur  Mulyono.

Di sisi lain, Mulyono mengimbau masyarakat agar tetap waspada pada bencana yang sedang mengintai akibat hujan lebat.

“Waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsir, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon, dan jalan licin,” tutup Mulyono

 

(Rizki Putra Aslendra)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya