Sri Mulyani Kembali Masuk Daftar 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia Versi Forbes

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi satu dari dua menteri keuangan perempuan paling berpengaruh di dunia versi Forbes.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 14 Des 2019, 08:00 WIB
Sri Mulyani pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dok: am2018bali.go.id

Liputan6.com, Jakarta - Majalan TIME baru saja merilis daftar orang-orang berpengaruh di dunia, dan kini Forbes juga merilis daftar para wanita paling berpengaruh di dunia atau The World's 100 Most Powerful Women. Tahun ini, Sri Mulyani juga menembus daftar prestisius tersebut.

Untuk posisi puncak ada Kanselir Jerman Angela Merkel kembali berada di posisi pertama. Selanjutnya, ada nama Christine Lagarde, mantan pemimpin IMF yang baru saja terpilih menjadi Presiden Bank Sentral Eropa. Untuk posisi tiga, ada Ketua DPR AS Nancy Pelosi yang sedang berusaha melengserkan presidennya.

Menariknya, hanya ada dua nama Menteri Keuangan wanita yang muncul di daftar Forbes. Indonesia pun boleh bangga karena Menteri Sri Mulyani Indrawati berhasil menembus daftar bergengsi itu.

Sri Mulyani berada di peringkat 76. Ia ada di antara Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen dan Andrea Marques de Almeida, CFO dari perusahaan minyak Petrobas asal Brasil.

"Sebagai menteri keuangan, ia (Sri Mulyani) menambah pendapatan negara melalui reformasi pajak yang akan memperluas layanan e-filing dan menunjang kepatuhan pembayar pajak," tulis Forbes.

"Tahun lalu, Indrawati memperoleh penghargaan Menteri Terbaik yang prestisius di World Government Summit atas usaha-usahanya untuk menerapkan reformasi," Forbes menambahkan.

Sebelumnya, Sri Mulyani telah beberapa kali masuk daftar ini, seperti pada 2008, 2011, 2013, 2014, 2016, dan 2018.

Satu-satunya Menteri Keuangan selain Sri Mulyani di daftar itu adalah Nirmala Sitharaman asal India. Ia baru saja diangkat menjadi Menteri Keuangan di India dan wanita pertama yang memegang jabatan tersebut.

Sosok wanita di sektor ekonomi yang turut masuk ke daftar ini adalah Elvira Nabiullina yang merupakan Gubernur Bank Sentral Rusia. Ada pula nama Kristalina Georgieva yang baru saja diangkat sebagai pemimpin IMF menggantikan Lagarde.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 3 halaman

Pernah Menjadi Menteri Keuangan Terbaik di Dunia

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Awal tahun ini, Sri Mulyani Indrawati mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang berlangsung di Dubai, Uni Arab Emirates. Penghargaan tersebut diserahkan pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Penghargaan Menteri Terbaik ini merupakan penghargaan global yang diberikan kepada satu orang menteri dari semua negara di dunia setiap tahunnya dan mulai diberikan pada 2016.

Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh World Government Summit. 

Sri Mulyani dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya menjadi penerima pertama dari Asia yang menerima penghargaan tersebut.

Dia mengatakan penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintah dibawah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), khususnya dibidang ekonomi. 

Sri Mulyani juga mendedikasikan penghargaan tersebut kepada 257 juta rakyat Indonesia dan 78.164 jajaran Kementerian Keuangan yang telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan integritas dan komitmen tinggi untuk menciptakan kesejahteraan rakyat yang merata dan berkeadilan.

"Berbagai upaya reformasi kebijakan telah dicanangkan di Kementerian Keuangan, bertujuan untuk mendorong kebijakan fiskal menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Reformasi birokasi di Kementerian Keuangan juga sudah membuahkan banyak hasil," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (11/2/2018).

World Government Summit merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan di Dubai, UAE, dan melibatkan segenap pemimpin pemerintahan dari seluruh dunia. Ini juga menjadi forum dialog global tentang proses pemerintahan dan kebijakan publik serta kaitannya dengan teknologi, inovasi, dan topik lain.

Forum tersebut menjadi ajang pertukaran pengalaman dan pengetahuan antara pejabat pemerintah, penentu kebijakan, pakar, dan pimpinan sektor swasta untuk melihat tren masa depan dan implikasinya bagi kemanusiaan. 

World Government Summit dihadiri lebih dari oleh lebih dari 4000 peserta dan 90 pembicara dari 150 negara dan lembaga internasional.

Melalui dukungan pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum, World Government Summit dimulai oleh sekelompok ahli dari berbagai bidang sebagai upaya untuk membawa segenap pemimpin pemerintahan, dunia usaha, dan masyarakat sipil dalam satu forum bersama. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kehidupan 7 miliar penduduk dunia. 

3 dari 3 halaman

Daftar 10 Besar Wanita Berpengaruh di Dunia Versi Forbes

Angela Merkel (AP)

Berikut ini daftar 10 besar wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes

1. Angela Merkel (Kanselir Jerman) 

2. Christine Lagarde (Presiden Bank Sentral Eropa) 

3. Nancy Pelosi (Ketua DPR AS) 

4. Ursula von der Leyen (Presiden Komisi Eropa) 

5. Mary Barra (CEO General Motors) 

6. Melinda Gates (aktivis, istri Bill Gates) 

7. Abigail Johnson (CEO Fidelity Investments) 

8. Ana Patricia Botin (Executive Chairman Santander Group) 

9. Ginni Rommety (CEO IBM) 

10. Marilyn Hewson (CEO Lockheed Martin)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya