Asap Kebakaran Hutan Lahirkan Polusi Udara Tertinggi di Australia

Kebakaran hutan Australia menyebabkan polusi yang belum pernah terjadi sebelumnya di Sydney.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Des 2019, 17:10 WIB
Selama tiga minggu kota ini telah melihat peringatan kualitas udara hampir setiap hari. (Liputan6/AP)

Liputan6.com, Sydney - Kebakaran hutan Australia menyebabkan polusi yang belum pernah terjadi sebelumnya di Sydney dan di sepanjang pantai timur negara itu. Hal itu dikatakan para pejabat, dilansir Channel News Asia, Kamis (5/12/2019).

Asap dan debu akan membakar mata penduduk dan memicu lonjakan keluhan pernapasan. Ratusan hutan telah terbakar di luar kendali sejak September 2019. Naik turunnya pesisir timur, menyelimuti kota-kota dari Sydney hingga Brisbane dengan asap selama berminggu-minggu.

Luasnya krisis asap dibuat jelas oleh Departemen Lingkungan New South Wales yang menyatakan kebakaran hutan dan debu telah menyebabkan 'polusi udara tertinggi yang pernah terlihat' di Australia.

"Wilayah itu telah mengalami kualitas udara buruk yang berlangsung beberapa minggu, termasuk kebakaran hutan Sydney 1994 dan kebakaran hutan Black Christmas Desember 2001 - Januari 2002," kata seorang juru bicara kepada AFP, dikutip dari Channel News Asia.

"Kejadian ini, bagaimanapun, adalah yang terpanjang dan paling luas dalam catatan kami," tambahnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 3 halaman

Pegolf di Australia Terbuka Mengeluh

Selama tiga minggu kota ini telah melihat peringatan kualitas udara hampir setiap hari. (Liputan6/AFP/Peter Parks)

Selama tiga minggu kota ini telah melihat peringatan kualitas udara hampir setiap hari. Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales mengatakan lebih dari selusin kebakaran telah terjadi di dekat Sydney.

Asap menyebabkan pegolf di Australia Terbuka - salah satu pertandingan nasional tertua di dunia - mengeluh. "Sangat sulit untuk melihat bola golf ketika Anda bermain di sanai. Matamu terbakar," kata Matt Jones, juara pada 2015.

"Aku menderita batuk, seperti ada sesuatu di paru-parumu, dahak di paru-parumu atau apa pun, tapi itu tidak menyenangkan," katanya. "Kuharap anak-anakku ada di dalam di kamar hotel."

Kebakaran hutan biasa terjadi di Australia, namun para ilmuwan mengatakan musim tahun ini datang lebih awal dengan intensitas yang lebih besar akibat kekeringan berkepanjangan yang dipicu oleh perubahan iklim.

3 dari 3 halaman

Media Telah Memposting Cara Menghadapi Asap

Wisatawan dan penduduk mengambil tindakan untuk memerangi asap. (Liputan6/AP/Reuters)

Sementara itu, wisatawan dan penduduk mengambil tindakan untuk memerangi asap, dengan membeli masker wajah dan tinggal di dalam rumah sebanyak mungkin.

Surat kabar dan televisi setempat telah memposting saran tentang bagaimana membatasi dampak dari asap, seperti menawarkan tips tentang masker apa yang harus dibeli dan kegiatan apa yang paling aman untuk dilakukan.

Pejabat kesehatan New South Wales mengatakan lebih banyak orang dengan asma datang ke rumah sakit, dan panggilan pada ambulan untuk masalah pernapasan, naik 24% dalam seminggu hingga 1 Desember.

Indeks kualitas udara Sydney juga mencatat, polusi partikel halus - cukup kecil untuk menembus jauh di dalam paru-paru - di lebih dari 160 bagian per juta, jauh di atas tingkat yang dianggap aman.

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya