Komentar Sarkas ke Wasit, Pep Guardiola Lolos dari Sanksi FA

Pep Guardiola melontarkan komentar sarkas kepada wasit setelah pertandingan Liverpool vs Manchester City di Anfield yang berakhir dengan skor 3-1.

oleh Windi Wicaksono diperbarui 12 Nov 2019, 06:20 WIB
Reaksi pelatih Manchester City Pep Guardiola di pinggir lapangan.. (Anthony Devlin/AFP)

Liputan6.com, Liverpool - FA tidak akan mengambil tindakan atas komentar sarkastik Pep Guardiola terhadap wasit Michael Oliver dan asistennya menyusul kekalahan Manchester City dari Liverpool di Anfield, Senin (11/11/2019) dini hari WIB.

Pep Guardiola sangat marah dengan ofisial pertandingan karena tidak memberi Manchester City dua penalti, karena menilai bola mengenai tangan bek kanan Liverpool, Trent Alexandre-Arnold di kotak terlarang.

Liverpool sendiri menang 3-1 atas The Citizens. Fabinho, Mohamed Salah, dan Sadio mencatatkan namanya di papan skor untuk The Reds. Manchester City hanya membalas lewat gol Bernardo Silva.

Setelah pertandingan, Pep Guardiola berjabat tangan dengan para wasit dan berkata 'terima kasih banyak' dengan wajah emosional. Namun, kemudian pelatih asal Spanyol ini menyangkal dia bersikap sarkastik.

Insiden itu membangkitkan ingatan komentar Jose Mourinho tentang ofisial pertandingan pada 2014 setelah timnya, Chelsea, takluk dari Aston Villa dan pelatih asal Portugal itu mengatakan mereka (para wasit) 'luar biasa' dan 'fantastis' dengan nada sarkas.

2 dari 3 halaman

Situasi Mourinho

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola memberikan arahan saat timnya melawan Newcastle United pada lanjutan Premier League di St James' Park, Newcastle-upon-Tyne, (27/12/2017). Manchester City menang 1-0. (AFP/Lindsey Parnaby)

Mourinho kemudian dikenai denda oleh FA sebesar 10 ribu pound sterling, karena komisi disiplin menganggap bahwa pernyataan sarkastiknya merupakan tindakan yang tidak patut dari seorang pelatih.

Namun, setelah mempelajari komentar Guardiola di Anfield, FA telah memutuskan bahwa tidak ada kasus untuk dijawab dari tindakan mantan arsitek Barcelona dan Bayern Munchen tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Bantahan Guardiola

Pelatih Manchester City itu kemudian membela diri, dengan mengatakan: "Itu bukan sarkastik, itu adalah ucapa terima kasih banyak. Saya mengatakannya sepanjang waktu kepada kolega saya," beber Guardiola.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya