Jokowi Minta Menkes Terawan Tangani Masalah Stunting dan Obat-obatan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto untuk menangani masalah stunting.

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Okt 2019, 15:00 WIB
Dokter Terawan tidak merasa pernah mengiklankan diri. (Foto: Liputan6.com/Benedikta Desideria)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto untuk menangani masalah stunting. Hingga kini, kondisi gagal tumbuh atau stunting masih jadi masalah besar di Indonesia. 

"Ya, jelas masalah stunting," kata Terawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (24/10). 

Guna menangani stunting, Terawan mengaku akan menggandeng kementerian lain. Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto ini berjanji akan melakukan koordinasi sampai ke level bawah untuk menelusuri penyebab stunting.

"Harus dicek betul apakah kita harus meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat sehingga masalah stunting bisa ditangani dengan baik atau diturunkan angka stuntingnya ke level yang rasional sesuai dengan apa yang kita inginkan," kata Terawan.

 

 

2 dari 2 halaman

Penanganan obat-obatan

Selain itu, Jokowi juga meminta Terawan memberikan atensi terhadap persoalan obat-obatan. Sebagai informasi, Indonesia memiliki ribuan spesies tanaman obat yang tersebar di berbagai daerah. Namun, hingga saat ini, hampir 90 persen bahan baku obat-obatan di Indonesia bergantung impor dari negara lain.

"Masalah juga obat-obatan. Nanti akan saya tanyakan kepada para direktur saya untuk memaparkan, sehingga saya tahu duduk persoalannya. Sehingga akan ada percepatan dan asas manfaat yang baik," ucapnya.

 

Penulis: Titin Supriatin/Merdeka.com

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya