'Penyerbuan' Area 51 di Nevada Gagal Terwujud, Orang Tak Percaya Alien?

'Penyerbuan' pangkalan rahasia militer AS di Nevada, Area 51, berbuah nol. Orang-orang tak percaya alien?

oleh Afra Augesti diperbarui 21 Sep 2019, 10:56 WIB
UFO dengan ukuran 30 meter yang ditemukan di Area 51 (Foto: ufosightingsdaily.com/Google Maps).

Liputan6.com, Kota Carson - Kekhawatiran tentang ribuan orang yang menggeruduk Area 51 pada Jumat, 20 September 2019, tidak berdasar. Tidak ada perwujudan kampanye "Storm Area 51, They Can't Stop All Of Us".

Sejak dini hari, hanya beberapa belas individu yang dilaporkan tiba di pangkalan militer rahasia Amerika Serikat itu, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (21/9/2019).

Tak ada satupun yang mencoba memasuki situs tersebut. Namun, ada satu pria yang ditangkap petugas berwenang sekitar, karena dia buang air kecil di dekat gerbang fasilitas. Selain itu, seorang wanita ditahan karena alasan yang tidak diungkapkan.

Laporan media lokal mengatakan, mereka datang dengan menaiki kontainer dan truk dari berbagai wilayah di luar Nevada. Setelah itu, mereka juga mendirikan kemah dekat Rachel dan Hiko, yang jumlahnya tidak lebih dari 150 orang.

Mereka berada di sana untuk memenuhi seruan 'penyerbuan' area yang terlarang, di mana kecurigaan mereka mencuat bahwa pemerintah AS menyembunyikan UFO dan alien di balik tempat itu. 

Namun, acara tersebut sebenarnya adalah lelucon di internet yang menjadi viral. Melalui unggahan di Facebook, seorang mahasiswa yang menggagas kegiatan tersebut, Matty Roberts, mengundang orang-orang untuk menerobos ke lokasi misterius itu pada 20 September, pukul 03.00 waktu lokal.

"Kalau kita lari dengan gaya Naruto, kita bisa bergerak lebih cepat daripada peluru mereka," tulis deskripsi acara itu, merujuk pada karakter komik Jepang yang dikenal berlari dengan tangan terbentang ke belakang dan kepalanya ke depan, demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia.

Roberts menyampaikan kepada Los Angeles Times, "Saya memicu sebuah gerakan itu ketika saya dilanda kebosanan pada pukul 02.00 pagi."

Idenya disambut luas oleh warganet. Lebih dari 2,1 juta pengguna Facebook menegaskan untuk hadir. Anehnya, sejak viral, Roberts malah menarik diri dari laman yang dibuatnya dan dari acara yang ia canangkan.

Alasannya, dia khawatir dengan keselamatan orang-orang, sebab kawasan Area 51 tidak dilengkapi infrastruktur untuk mendukung puluhan ribu pengunjung.

Area 51 adalah nama umum dari sarana Angkatan Udara AS yang sangat rahasia yang berlokasi di Nevada Test and Training Range.

Secara resmi, lokasi itu disebut Homey Airport atau Groom Lake, dinamai sesuai dengan dataran garam yang terletak di sebelah lapangan terbangnya.

2 dari 3 halaman

Tak Sesuai dengan Dunia Maya

Ilustrasi UFO di tengah malam. (Sumber Max Pixel untuk ranah publik via Creative Commons)

Area 51 telah lama dikabarkan menyimpan rahasia tentang kehidupan di luar Bumi. Namun, rambu peringatan di sekitar Area 51 memperjelas bahwa tidak ada pelanggar yang akan ditoleransi apabila menjajal untuk menerobos masuk.

Angkatan Udara AS memperingatkan, "Area 51 adalah temapt latihan terbuka Angkatan Udara AS, dan kami akan mencegah siapa pun dari mencoba datang ke daerah tempat kami melatih angkatan bersenjata Amerika."

Meskipun banyak antisipasi seputar penyerbuan tersebut, hanya ada sekitar 75 orang yang muncul di gerbang depan Area 51 dan tidak ada yang berusaha masuk.

Uniknya, mereka yang menyambangi Area 51 sangat totalotas. Mereka mengenakan kostum ala alien dan makhluk ekstraterestrial lain sembari memegang plakat.

"Saya sedikit kecewa karena hanya sedikit orang yang datang, tidak seperti yang digembor-gembor di Facebook," ujar salah satu alien enthusiast Nathan Brown, yang rela berkendara sejauh lebih dari 700 mil dari Portland, mengatakan kepada surat kabar Las Vegas, Review-Journal.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Area 51

Ilustrasi Alien (iStockphoto)

Area 51 dibangun selama Perang Dingin antara AS dan Uni Soviet sebagai fasilitas pengujian dan pengembangan untuk pesawat. Kerahasiaan di sekitar situs ini telah membantu memicu banyak teori konspirasi.

Yang paling terkenal adalah klaim bahwa situs itu menampung pesawat ruang angkasa alien dan tubuh pilotnya setelah jatuh di Roswell, New Mexico, pada tahun 1947.

Di satu sisi, pemerintah AS mengatakan tidak ada alien dan UFO yang jatuh, itu hanya balon udara.

Orang lain mengklaim telah melihat UFO di atas atau di dekat situs, sementara beberapa mengatakan mereka telah diculik oleh alien, dan bahkan bereksperimen, sebelum dikembalikan ke Bumi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya