Cerita Petugas TMP Kalibata: BJ Habibie Kerap Habiskan 2 Jam di Makam Ainun

Kecintaan Habibie terhadap Ainun tak lekang waktu meski maut memisahkan.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 12 Sep 2019, 12:32 WIB
Ziarah ke Makam Ainun, Habibie Pakai Sarung dan Jas Hitam (Foto: Merdeka/Nur Habibie)

Liputan6.com, Jakarta Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie mengembuskan napas terakhirnya di RSPAD, Rabu 11 September 2019 pukul 18.05 WIB. Presiden ke-3 RI itu dikenal sebagai sosok yang sangat mencintai istrinya, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie.

Kecintaan Habibie terhadap Ainun tak lekang waktu meski maut memisahkan. Habibie kerap berziarah ke makam Ainun setiap Jumat. Hal tersebut diceritakan petugas TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Saudi.

"Pak Habibie ini sangat ramah orangnya. Setiap Jumat biasanya datang ke makam Ibu Ainun," ujar Saudi di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Saudi mengatakan, Habibie kerap berlama-lamaan di TMP Kalibata. Setiap berziarah, Habibie sering menghabiskan waktu selama dua jam duduk dan berdoa di pusara sang istri.

"Biasanya datang sekitar jam 08.00 WIB, hampir dua jam lah. Biasanya tahlilan, doa, dan tabur bunga," katanya.

Selama 100 hari kematian Ainun pada 2010 yang lalu, Habibie hampir setiap hari mengunjungi tempat peristirahatan terakhir sang istri.

"Setelah 100 hari pertama, baru satu minggu sekali setiap hari Jumat. Pak Habibie selalu mengalungkan tasbih di nisan ibu Ainun," ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Dimakamkan di Samping Pusara Ainun

Pekerja menggali makam Presiden ke-3 RI BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Makam Habibie bersebelahan dengan sang istri tercinta, Ainun Habibie. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Rencananya, BJ Habibie akan dimakamkan di TMP Kalibata pada pukul 13.30 WIB. Prosesi upacara pemakaman sendiri akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Makam BJ Habibie sendiri menempati kavling 120. Sang istri yang lebih dulu wafat berada di kavling 121, atau tepat di sebelah kanannya. Sementara Ani Yudhoyono berada di kavling 129 tepat berada di depan makam BJ Habibie.

Sementara di sebelah kanannya, terdapat makam mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Widjojo Nitisastro.

Kemudian di belakang makam BJ Habibie ada makam Wakil Presiden ke-4 RI H Umar Wirahadikusumah dan Pahlawan Nasional Abdul Haris Nasution (AH Nasution).

Sebelum diberangkatkan ke TMP Kalibata, jenazah BJ Habibie terlebih dahulu diserahkan ke pemerintah melalui upacara di rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3 Jakarta Selatan pukul 12.30 WIB.

Kemudian, jenazah akan diberangkatkan pukul 13.00 WIB dari rumah duka menuju TMP Kalibata.

"13.30 prosesi upacara pemakaman jenazah di TMP Kalibata," kata Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, dalam keterangannya, Kamis (12/9/2019).

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya