Bos Honda Anggap Wajar Insiden Jorge Lorenzo di MotoGP Katalunya

Jorge Lorenzo jadi biang kerok gagalnya Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, dan Maverick Vinales di MotoGP Katalunya. Namun, bos Honda menganggap hal itu biasa.

oleh Luthfie Febrianto diperbarui 20 Jun 2019, 08:15 WIB
Rider Repsol Honda Team, Jorge Lorenzo, masih belum menemukan performa terbaiknya di MotoGP 2019. (Twitter/Repsol Honda Team).

Liputan6.com, Barcelona - Manajer Repsol Honda, Alberto Puig, menganggap wajar insiden yang menimpa Jorge Lorenzo saat balapan MotoGP Katalunya akhir pekan lalu. Dalam insiden itu, Lorenzo terjatuh, sehingga membuat Valentino Rossi (Monster Yamaha), Maverick Vinales (Monster Yamaha), dan Andrea Dovizioso (Ducati) gagal melanjutkan balapan.

"Ini balapan dan situasi seperti ini bisa terjadi. Di masa lalu, kami semua mengalaminya. Tidak ada yang suka kecelakaan," kata Puig, seperti dilansir GPOne.

Seperti diketahui, Lorenzo terjatuh pada tikungan ke-10 saat lap kedua balapan MotoGP Katalunya. Pembalap asal Spanyol ini kemudian tidak bisa menghindari kontak dengan Dovi, Rossi, dan Vinales yang ada di sekitarnya.

Keempat pembalap ini pun tidak bisa melanjutkan balapan yang akhirnya dimenangkan Marc Marquez. Usai balapan, Lorenzo menghampiri paddock mereka yang terjatuh untuk meminta maaf.

Namun, kekecewaan tidak bisa disembunyikan dari ketiganya. Dovi, misalnya, meminta Lorenzo untuk dihukum.

"Kami bersimpati kepada Lorenzo, tetapi juga sangat bersimpati kepada Rossi, Dovizioso, dan Vinales juga tim mereka," kata Puig.

Kegagalan Rossi, Dovi, dan Vinales membuat Marquez melenggang sendirian dalam perburuan gelar jura dunia MotoGP musim ini. Rekan setim Lorenzo itu memimpin klasemen dengan torehan 140 poin.

2 dari 3 halaman

Kecepatan Lorenzo

Valentino Rossi geram dengan insiden di MotoGP Katalunya (LLUIS GENE / AFP)

Puig mengakui insiden di Katalunya sangat menyedihkan, terutama untuk Lorenzo. Namun, ia menilai Lorenzo sudah menunjukkan peningkatan sebelum insiden itu terjadi.

"Mungkin ini adalah kali pertama kita melihat Lorenzo membalap dengan cepat. Sayangnya, dia membuat kesalahan," ujar Puig.

"Tikungan nomor 10 sangat ketat dan sulit untuk dilewati di lap-lap awal, saat semua pembalap masih berhimpitan. Dia tidak bisa menghindari senggolan, sungguh disayangkan," ujar Puig mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Klasemen Pembalap MotoGP

1 Marc Marquez Repsol Honda 140
2 Andrea Dovizioso Mission Winnow Ducati 103
3 Alex Rins Suzuki Ecstar 101
4 Danilo Petrucci Mission Winnow Ducati 98
5 Valentino Rossi Monster Yamaha 72
6 Jack Miller Pramac Ducati 53
7 Fabio Quartararo Petronas Yamaha SRT 51
8 Takaaki Nakagami LCR Honda 48
9 Pol Espargaro Red Bull KTM 47
10 Cal Crutchlow LCR Honda 42
11 Maverick Vinales Monster Yamaha 40
12 Franco Morbidelli Petronas Yamaha SRT 34
13 Aleix Espargaro Aprilia 27
14 Joan MirSuzuki Ecstar 22
15 Jorge Lorenzo Repsol Honda 19
16 Johann Zarco Red Bull KTM 16
17 Miguel Oliveira Red Bull KTM Tech3 12
18 Andrea Iannone Aprilia 12
19 Francesco Bagnaia Pramac Ducati 9
20 Hafizh Syahrin Red Bull KTM Tech3 6
21 Stefan Bradl Team HRC 6
22 Karel Abraham Avintia Ducati 2
23 Tito Rabat Avintia Ducati 2

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya