Kesan, Aplikasi Pengingat Ibadah Saat Ramadan

Aplikasi ini dirilis pada 3 Mei lalu dan bertujuan menjadi referensi serta pengingat untuk beribadah dengan khusyuk bagi umat muslim di Indonesia.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 08 Mei 2019, 01:00 WIB
Aplikasi pengingat ibadah saat Ramadan, Kesan (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan jadi ajang bagi umat muslim berlomba-lomba meningkatkan ibadah untuk mendapatkan pahala sebanyak mungkin.

Dibantu teknologi terkini internet, perangkat, dan aplikasi, umat muslim kini bisa mengunduh aplikasi bernama Kesan. Aplikasi ini bisa diunduh di toko Google Play Store maupun secara gratis.

Aplikasi ini dirilis pada 3 Mei lalu dan bertujuan menjadi referensi serta pengingat untuk beribadah dengan khusyuk bagi umat muslim di Indonesia.

Disebutkan oleh CEO Kesan, Hamdan Hamedan, aplikasi Kesan ini dirancang khusus untuk menemani para santri, purna santri, dan segenap umat Islam dalam beribadah setiap saat.

Fitur utama aplikasi ini adalah nudging yang menjadi pengingat untuk melakukan amalan yang positif dan Islami melalui notifikasi relevan dan aktual.

“Seperti sahabat yang baik, Kesan akan mengingatkan pengguna untuk menunaikan ibadah sesuai dengan pilihan dan kebiasaan yang ingin mereka bentuk. Dengan fitur nudging, kita akan diingatkan untuk ibadah wajib dan sunnah seperti salat 5 waktu, salat duha, tahajud, tarawih, baca shalawat,” kata Hamdan.

Aplikasi Kesan sendiri diciptakan oleh sejumlah pengembang lokal sebagai aplikasi yang lengkap kontennya.

“Dari konten doa, salawat, hadis hari ini, kitab kuning, hingga ke pedoman haji dan umrah, kami siapkan dengan lengkap dari sumber yang sahih sehingga bisa menjadi referensi bagi pengguna,” katanya.

2 dari 3 halaman

Fitur di Aplikasi Kesan

Umat Muslim bertadarus atau membaca Alquran di Masjid Al-Madinah, Parung, Bogor, Selasa (7/5/2019). Pada bulan Ramadan sebagian umat muslim memanfaatkan waktu memperbanyak ibadah dengan tadarusan dan melaksanakan salat sunah di Masjid. (merdeka.com/Arie Basuki)

Keunggulan dari aplikasi Kesan ini, adalah fitur pengingat bagi pengguna untuk melakukan amalan yang positif dan islami melalui notifikasi yang relevan dan aktual.

Pasalnya, umat muslim tengah disibukkan dengan pekerjaan atau hal lain yang membuat ibadah rentan terlewat.

Aplikasi Kesan pun membantu agar ibadah-ibadah tidak terlewat meskipun dalam jadwal padat. Kesan menyiapkan fitur-fitur:

1. Doa dan Shalawat

Di dalam fitur ini, ada berbagai macam doa mulai dari doa dari Alquran, doa tidur dan bangun, doa zikir pagi dan petang, doa pernikahan, doa saat di rumah, dan lain-lain.

2. Kalender Hijirah

Kalender Hijriah menunjukkan berbagai tanggalan khusus yang bermakna bagi umat muslim, misalnya puasa Senin-Kamis, Hari Raya, dan lain-lain.

3. Haji dan Umrah

Haji dan Umrah memperlihatkan berbagai panduan untuk ibadah baik haji maupun umrah.

3 dari 3 halaman

Jadwal Salat Hingga Konten Islami

Sejumlah warga melaksanakan salat tarawih di atas Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Mushola Mifhtaul Jannah di Kawasan Pasar Gembrong, Jakarta, 5 Mei 2019. JPO yang biasa digunakan untuk akses menyeberang mendadak jadi area ibadah salat tarawih pada Ramadan 1440 H. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

4. Jadwal Salat

Sesuai namanya, jadwal salat menunjukkan jadwal waktu salat baik itu salat lima waktu ataupun salat sunah.

5. Kitab Kuning

Pengguna juga bisa membaca berbagai kitab kuning di aplikasi Kesan ini.

6. Feed

Pengguna aplikasi Kesan bisa membaca berbagai konten artikel yang memberi pengetahuan islami lewat fitur Feed ini.

(Tin/Ysl)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya