Orang Gemuk Ingin Turun Berat Badan, Harus Latihan Kardio atau Angkat Beban Dulu?

Latihan kardio atau angkat beban dulu yang sebenarnya harus diterapkan pada orang gemuk?

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 29 Mar 2019, 17:00 WIB
Latihan kardio atau angkat beban dulu yang cocok buat orang gemuk? (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Ada anggapan yang beredar di masyarakat, orang gemuk yang ingin punya tubuh ideal harus latihan kardio terlebih dahulu. Latihan kardio bertujuan menurunkan berat badan dengan cara jalan kaki, bersepeda, dan berenang.

Setelah latihan kardio, baru dapat dilanjutkan dengan latihan angkat beban. Merespons anggapan tersebut, Ahli Nutrisi Olahraga Mury Kuswari memberikan penjelasan lebih lanjut.

"Enggak begitu kok. Latihan dua-duanya itu harus divariasikan Pada umumnya, orang gemuk pengen jadi kurus itu paling gampang daripada yang kurus pengen berisi. Berat banget ini. Makanya, latihan kardio dan angkat beban harus sejalan dilakukan," ujar Mury saat ditemui di Tokopedia Tower, Jakarta, ditulis Jumat, 29 Maret 2019.

Latihan kardio yang lebih cocok dilakukan untuk orang gemuk, saran Mury, yakni berenang dan sepeda.

"Yang bagus itu olahraganya di air, berenang atau latihan beban yang enggak membebani kaki, tapi bentuknya ke atas. Misal, dorong beban ke atas, latihan kaki dengan sepeda," papar Mury.

Jenis latihan kardio di atas agar tidak membebani kaki lebih berat. Orang gemuk bila ingin naik turun tangga akan sulit karena beban kaki lebih berat. Kaki bisa berisiko nyeri.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Latihan untuk pemula

Anda bisa melakukan yoga. (iStockphoto)

Latihan yang dilakukan juga bisa secara bertahap. Secara umum, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Brunilda Nazario merekomendasikan, peningkatan 10 persen latihan setiap minggu. Dalam hal ini, Anda perlahan-lahan meningkatkan intensitas latihan.

Ada beberapa tips buat orang gemuk bila belum pernah latihan (pemula), dilansir dari WebMD.

1. Mulailah dengan duduk disertai latihan seperti angkat kaki. Gerakan ini membantu menguatkan otot-otot di sekitar pinggul. Tujuannya akan membantu tubuh mempersiapkan diri untuk menjadi lebih aktif.

2. Lakukan peregangan.

3. Anda dapat melakukan rutinitas aerobik dengan menari di kursi atau berpose yoga.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya