Dinas Pendidikan Biak, Papua Mulai Distribusikan Soal USBN 2019

Meski distribusi soal ujian sekolah USBN menggunakan kapal, tetapi untuk kerahasiaan tetap terjamin.

oleh Devira PrastiwiLiputan6.com diperbarui 18 Mar 2019, 14:15 WIB
Soal USBN Mapel Penghayat Kepercayaan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Biak - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Biak Numfor, Papua memprioritaskan distribusi naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau USBN ke sekolah di Pulau Numfor dan Kepulauan Padaido.

"Hari Jumat, 15 Maret, naskah soal UASBN untuk SMA/SMK sudah dikirim ke sekolah di Pulau Numfor dengan kapal, sementara pada Sabtu, 16 Maret akan dikirim juga naskah soal ujian untuk sekolah di Kepulauan Padaido," ujar Kepala Dinas Pendidikan Biak, Tinneke Rosalina Mansnembra MM, seperti dilansir Antara, Senin (18/3/2019).

Dia mengakui, meski distribusi soal ujian sekolah menggunakan kapal, tetapi untuk kerahasiaan tetap terjamin karena mendapat pengawalan khusus dari petugas keamanan internal dinas pendidikan dan panitia ujian.

Tinneke mengharapkan sebelum naskah soal digunakan untuk USBN di sekolah kepulauan akan disimpan di polsek setempat.

"Panitia ujian Nasional dari Dinas Pendidikan Biak Numfor telah siap mendistribusikan naskah ujian ke sekolah di kepulauan," jelas Tinneke.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Jadwal USBN

Elma Septiana, Siswa penghayat kepercayaan di Cilacap, Elam Septiani mengikuti USBN Mapel Kepercayaan di SMP N 3 Gandrungmangu. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Berdasarkan jadwal, USBN untuk jenjang pendidikan SMK akan berlangsung pada 25-28 Maret 2019. Serta untuk jenjang SMA/MA pada 1,2,4, dan 8 April 2019, sedangkan paket C pada 12-16 April 2019.

Kemudian, Ujian Nasional SMP/MTs akan dilaksanakan pada 22-25 April 2019 serta khusus Provinsi Papua, Papua Barat, dan Provinsi NTT Ujian Nasional jenjang SMP/MTs akan dilaksanakan pada 23-26 April 2019.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya