Cara Seduh Teh Hijau yang Benar untuk Kembalikan Berat Badan Usai Natal

Kaya akan antioksidan, teh hijau sering kali dimanfaatkan untuk kendalikan berat badan. Karenanya, Anda harus tahu cara menyeduh yang benar supaya manfaat terasa maksimal.

oleh Asnida Riani diperbarui 26 Des 2018, 02:00 WIB
Teh hijau. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara tentang Natal, kurang lengkap bila tak melibatkan acara makan bersama di dalamnya. Dengan menu khas yang mungkin selalu Anda rindukan, porsi melahap ragam santapan tersebut bisa jadi berlebih.

Alhasil, berat badan pun sangat mungkin bertambah setelah momen Natal. Mengembalikannya lagi bisa jadi tantangan. Dari sekian banyak metode, bersama dengan olahraga dan mengatur asupan, konsumsi teh hijau bisa menyempurnakan program mengembalikan berat badan Anda.

Ratna Somantri, salah satu pakar teh menyebutkan, teh hijau yang kayak akan antioksidan memang bagus dikonsumsi orang yang tengah diet. "Tapi, bisa jadi tidak ada manfaatnya kalau diseduh dengan cara yang salah," tuturnya pada Liputan6.com setelah jadi juri Tea Mixologist di SIAL InterFOOD di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 24 November 2018.

"Kalau terlalu pekat, malah bikin kurang enak. Suhu air tidak boleh terlalu panas supaya antioksidan tidak hilang. Jadi, kira-kira air yang dipakai untuk menyeduh teh ada di kondisi mendidih hanya 70-80 persen," tambahnya.

Ratna mengatakan, selain menyeduh, kualitas dari teh hijau itu sendiri harus diperhatikan untuk mendapatkan manfaat maksimal. "Perhatikan kemasan. Kalau masih tersegel baik, harusnya teh masih dalam kualitas baik, tidak rusak," paparnya.

Ia menjelaskan, orang yang membuat teh telah jadi bagian gaya hidup sebenarnya sangat berpotensi mengadopsi cara hidup sehat. Kesan herbal dan aroma alami yang dihadirkan teh, termasuk teh hijau, nantinya akan memberi ketenangan dan kenyamanan tersendiri. "Asal nggak pakai gula," tegas Ratna.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya