Jokowi Hadiri Milad Satu Abad Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan

Jokowi meminta semua harus hijrah. Satu kuncinya, yaitu membangun sumber daya manusia.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Des 2018, 09:50 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi sambutan saat meresmikan Bank Wakaf Mikro di Serang, Banten, Rabu (14/3). Ini merupakan program pemberian aset-aset negara kepada baik ormas, pesantren, atau individu. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri apel akbar milad Satu Abad Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Dia berharap, di satu abad ini, Hizbul Wathan bisa melahirkan generasi yang berguna bagi bangsa.

"Karena bangsa ini sekarang sedang hijrah, hijrah dari pesimisme ke optimisme. Hijrah dari individualisme menuju kolaborasi, kerja sama, hijrah dari yang sering marah-marah kepada menuju kesabaran-kesabaran. Hijrah dari keterbelakangan menuju sebuah bangsa berkemajuan," kata Jokowi di hadapan para peserta di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (21/12/2018).

Jokowi meminta semua harus hijrah. Satu kuncinya, yaitu membangun sumber daya manusia agar mewujudkan Indonesia yang lebih maju, serta menguasai ilmu pengetahuan.

"Menguasai teknologi, menguasai ilmu agama, memiliki keahlian melakukan inovasi, gigih, tangguh, memiliki sikap akhlakul karimah," lanjut Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Terus Asah Potensi

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri meninjau ruas jalan tol Trans-Jawa seusai peresmian di Jawa Timur, Kamis (20/12). Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jokowi menjelaskan semuanya bisa didapat dari ruang kelas dan perlu bimbangan dari gerakan Hizbul Wathan. Sebab, gerakan tersebut didirikan dengan ide yang luar biasa dari Kiai Haji Ahmad Dahlan.

Hizbul Wathan memiliki tokoh-tokoh luar biasa. Dia juga yakin selanjutnya gerakan tersebut bisa memiliki tokoh-tokoh baru.

"Saya lihat sendiri di setiap acara di Muhammadiyah. Potensi yang terus digali, diasah, dimajukan. Saya ingatkan agar seluruh Hizbul Wathan, keluarga besar Muhammadiyah ikut bersama-bersama turun menjaga ukhuwah wathaniah dan islamiah," ungkap Jokowi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya