Awal Jadi Model, Richard Kyle Pernah Jadi Korban Pelecehan?

Menurut Richard Kyle, kasus pelecehan seksual sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, bukan sekadar industri hiburan.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Nov 2018, 13:40 WIB
Richard Kyle (Nurwahyunan/Bintang.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kasus pelecehan seksual masih begitu tinggi di Indonesia. Namun hanya sedikit korban yang berani angkat bicara. Hal itu diungkapkan Richard Kyle yang mengaku pernah melihat adanya tindak pelecehan tersebut.

Bahkan menurut Richard Kyle, kasus pelecehan seksual juga sering ditemui di kehidupan sehari-hari, bukan sekadar industri hiburan. Korbannya juga tak melulu perempuan, tapi juga bisa jadi pria.

Sebagai orang yang berkecimpung di dunia model, pernah kah Richard Kyle mengalami tindak pelecehan?

"Sebenernya aku enggak punya pengalaman (jadi korban pelecehan), tapi aku jujur pernah lihat di dalam lingkungan fashion, soalnya aku jadi model waktu masih kecil umur 16 tahun. Aku sempat lihat cewek dilecehkan, karena seseorang itu take advantage of all people, enggak cuma cewek, tapi cowok juga," kenang Kyle saat ditemui di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018).

"Dan aku sudah pernah lihat dan aku juga banyak dengar cerita tentang ini. So ada banyak kasus kan enggak cuma di daily life, tapi juga di industri yang aku ada di situ, seperti entertainment bussiness, di dunia entertainment, jadi ini isu yang memang kayak penting banget sih," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Jangan Diam

Richard Kyle (Foto: instagram.com/richo_kyle)

Kyle mengimbau agar para korban pelecehan seksual berani untuk speak up tentang kasus yang dialaminya. Pasalnya jika diam saja, tindakan tersebut tak akan pernah berhenti dan orang lain tak akan aware.

3 dari 3 halaman

Dukung Wanita

Richard Kyle (Adrian Putra/bintang.com)

"Waktu itu masih kecil kan, aku enggak take action, cuma suprise saja, kok bisa ya. Untung aku juga enggak kena, jadi waktu kecil mungkin lebih shock ya. Dan kalau kita lihat sekarang sudah tahu kan, industri di Hollywood sama produser di Hollywood juga lagi, sekarang cewek juga mau kayak ya sudah, aku mau speak up, aku mau bersuara juga, aku ada pengalaman. So ini buat support dan mendukung wanita di Indonesia sih," sambung pria berusia 30 tahun ini.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya