Anak Terserang Flu, Ini yang Harus Dilakukan Ibu

Ketika seorang anak terserang flu, ini yang sebaiknya pertama kali dilakukan seorang ibu

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Okt 2018, 19:00 WIB
bayi baru lahir sampai dengan umur 1 tahun rentan sekali terhadap virus dan bakteri yang menyerang karena sistem tubuh pada bayi belum dapat menetralkan segalanya. (Foto: Pixabay)

 

Liputan6.com, Jakarta Virus dan bakteri gampang menyerang seorang anak yang baru masuk sekolah. Saat daya tahan tubuh si Kecil tak cukup kuat, ditambah pula ada yang sakit lebih dari satu orang, dapat dengan mudah terpapar flu atau penyakit menular lainnya.

Cacar, campak, flu perut serta flu merupakan penyakit yang sangat sering terjadi pada anak-anak dan mudah menular. Jika si kecil mengalaminya, ada hal yang sebaiknya Anda lakukan.

Bukan hanya memantau kesehatannya, tapi juga menjaga kesehatan diri Anda sendiri. Tentunya Bunda yang akan mengurusnya. Kurang tidur, mengurus si kecil yang rewel, pastikan daya tahan tubuh mendapat asupan yang memadai.

Konsumsi suplemen tambahan, terutama yang mengandung vitamin C tinggi. Selalu cuci tangan dengan sabun, bisa juga menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah mengurus si kecil.

Jika memungkinkan, kenakan masker. Apalagi jika si kecil terkena flu atau muntaber. Virusnya sangat cepat menular melalui udara. Terapkan juga hal tersebut pada anggota keluarga lain untuk mencegah penularan.

Beli semprotan udara antibakteri dan aplikasikan ke seluruh ruangan. Untuk sementara, lakukan 'isolasi' pada si kecil sampai kondisinya stabil. Tak perlu ke sekolah dulu karena bisa menulari orang lain dan kondisi tubuhnya belum fit.

Dalam kondisi sakit, hal yang dibutuhkan anak adalah istirahat, konsumsi makanan kaya gizi dan minum banyak air. Apabila dalam 3 hari tak kunjung membaik segera periksakan ke dokter.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya