Perkuat Otot Inti dengan Tiga Latihan Mudah Ini

Six pack tidak terlalu penting apabila otot inti Anda kuat. Latih bagian tubuh tersebut dengan beberapa latihan berikut ini

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 13 Sep 2018, 07:00 WIB
Ilija Spasojevic melakukan PLANK sebelum berlatih bersama timnas Indonesia U-23 di Lapangan A,B,C, Senayan, Jakarta (18/2/2018). Latihan ini merupakan persiapan Asian Games 2018. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Liputan6.com, Jakarta Bagi pria, salah satu yang paling sulit dibentuk saat berolahraga adalah otot inti atau "core". Namun, otot inti bukan hanya membentuk six pack saja.

Latihan otot inti juga berfungsi untuk menstabilkan tulang belakang dan membantunya bergerak secara efisien. Otot inti juga menciptakan kekakuan yang membatasi pergerakan tulang belakang yang berlebihan ke segala arah.

Otot inti juga membantu Anda mempertahankan postur tubuh agar tetap baik serta mencegah cedera punggung kronis. Selain itu, bagi mereka yang bekerja dengan duduk di kursi untuk waktu yang lama, penguatan otot inti bisa mencegah dari rasa sakit punggung.

Menurut Personal Trainer dan Ahli Nutrisi Olahraga India Anuj Tyagi paling tidak ada tiga latihan yang bisa membantu Anda dalam melatih otot inti. Dilansir dari Mensxp pada Rabu (12/9/2018), berikut ini beberapa latihan yang direkomendasikan Tyagi.

1. Planks

Planks merupakan salah satu latihan yang paling umum dan efektif untuk memperkuat otot inti. Latihan ini juga terbilang nyaman karena tidak memerlukan peralatan banyak.

Telungkuplah di lantai dengan jari-jari kaki dan lengan menyentuh lantai, sementara bagian tubuh lain berada di atas bahu. Jaga agar kedua lengan tetap rendah dan berada di bawah bahu. Tahanlah posisi itu selama mungkin.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 3 halaman

Menggantung kaki sambil berpegangan

Hanging Leg Raise juga mampu memperkuat otot inti (iStockphoto)

2. Hanging Leg Raise

Latihan yang ini tidak akan mudah untuk pemula. Pastikan Anda tidak langsung melakukan gerakan ini ke tingkat yang berat. Anda bisa melakukannya di pull-up bar.

Caranya adalah, berdiri tegak di pull-up bar dengan pegangan selebar bahu. Angkat badan Anda dan bentuklah posisi 90 derajat dengan kaki. Hembuskan napas saat melakukan gerakan.

Cobalah untuk menahan gerakan dan kemudian turunkan kaki. Seiring berjalannya waktu, bertahanlah lebih lama dengan posisi tubuh 90 derajat.

 

3 dari 3 halaman

Angkat Beban

Otot inti bisa dilatih dengan gerakan angkat beban (iStockphoto)

3. Gerakan Compound

Gerakan compound yang melatih banyak otot seperti overhead squat, press, angkat beban, dan bench press juga melatih otot inti Anda.

Otot inti memainkan peran penting dalam menstabilkan tubuh ketika Anda mengangkat beban berat dalam latihan semacam ini. Oleh karena itu, mereka yang sering latihan angkat beban tidak akan memiliki otot inti yang lemah.

Ketika Anda mengangkat berat, otot inti secara otomatis akan terlibat. Sehingga, tidak perlu membentuk perut kotak-kotak, namun pastikan tubuh memiliki otot inti yang kuat.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya