Sayonara Mitsubishi Delica

Penjualan medium multi purpose vehicle (MPV) milik PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Mitsubishi Delica, memang tidak begitu baik.

oleh Arief Aszhari diperbarui 03 Agu 2018, 17:26 WIB
Model bergaya di sisi produk terbaru Mitsubishi Motors, Delica Royal yang dipamerkan di Jakarta Auto Show 2015, Rabu (28/10/2015). Delica Royal merupakan varian terbaru dan tertinggi dari produk sebelumnya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Penjualan medium multi purpose vehicle (MPV) milik PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Mitsubishi Delica, memang tidak begitu baik. Dilihat dari data gabungan industri kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales (pabrik ke dealer) selama Januari hingga Juni 2018, Mitsubishi Delica hanya terjual 28 unit.

Dijelaskan Head of MMC Sales and Marketing Group PT MMKSI, Imam Choeru Cahya, Mitsubishi Delica memang

masih didatangkan secara utuh (CBU) dari Jepang. Namun, hingga saat ini ketersedian Mitsubishi Delica di PT MMKSI juga sudah habis.

 

"Kami juga mempelajari demand yang tidak terlalu tinggi, dan effort terlalu besar (terus impor Delica). Jadi, kita putuskan untuk berhenti mendatangkan Mitsubishi Delica dari Jepang," jelas Imam saat ditemui di booth Mitsubishi GIIAS 2018, Jumat (3/8/2018).

Lanjut Imam, meskipun pihaknya sudah berhenti menjual Mitsubishi Delica, namun untuk produksi di Jepang masih terus dilakukan. Pasalnya, MPV bongsor ini masih terus dijual di pasar Negeri Matahari terbit, dan pasar negara lain.

"Karena masih diproduksi, jadi untuk komponen dan suku cadang (Mitsubishi Delica) tidak perlu khawatir," tambah Imam.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Tak Ada Penjualan Mirage 3 Bulan Terakhir, Ada Apa Mitsubishi?

Rombongan media test drive New Mitsubishi Mirage melintasi tol Sidoarjo (ist)

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia memang tengah naik daun berkat penjualan Mitsubishi Xpander. Berdasarkan data yang ada, wholesales (penjualan pabrik ke dealer) Xpander selama Januari-Juni 2018 menjadi tertinggi hingga tembus 39.948 unit.

Meski begitu, ternyata ada produk Mitsubishi yang justru terlupakan, yaitu Mirage.

Menanggapi hal itu, Director of MMC Sales and Marketing Group MMKSI Irwan Kuncoro, angkat bicara. Mitsubishi Mirage masih mengalami penjualan di retail sales (dealer ke konsumen).

“Jadi dari kita enggak distribusi lagi, tapi dealer menjualnya dari stock yang ada. Jadi mereka habiskan itu dulu karena kebanyakan masih ada dealer,” jelas Irwan saat ditemui usai peresmian dealer baru di kawasan Serang, Banten, Selasa (17/7/2018).

Imam sendiri menampik jika bahwa citycar dengan kapasitas lima penumpang tersebut sudah discontinue atau disuntik mati.

Berdasarkan data wholesales selama semester pertama 2018, Mitsubishi Mirage hanya terjual 256 unit.  Mitsubishi tidak melakukan proses suplai Mirage dari pabrik ke dealer, artinya April hingga Juni nihil atau nol.

Penjualan Mirage disokong dalam tiga bulan pertama yaitu pada Januari sebanyak 48 unit, Februari 201 unit dan Maret 10 unit.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya