Oleskan Larutan Cuka Apel di Wajah Anda, Ini yang Akan Terjadi...

Ini yang akan terjadi pada wajah Anda, ketika meletakkan cuka apel di permukaan kulit.

oleh Afra Augesti diperbarui 31 Jan 2021, 23:44 WIB
Cuka Apel (iStockphoto)​

Liputan6.com, Jakarta - Cuka apel telah terbukti menjadi solusi efektif untuk mengobati eksim serta kondisi kulit lainnya. Cuka apel juga berkhasiat untuk menjaga gigi dan tulang tetap kuat, mencegah rambut rontok, mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, memperbaiki daya tahan tubuh dari serangan virus, bakteria, dan jamur.

Cuka apel mengandung beta-karoten, yang mendukung regenerasi sel-sel kulit mati. Cuka apel juga menjadi sumber asam asetat, asam laktat dan asam malat. Minuman sari apel ini bersifat antibakteri dan antijamur, sehingga bisa membantu memerangi infeksi kulit, meredakan kulit kering, peradangan, dan gatal.

Selain segudang manfaat di atas, ternyata cuka apel bekhasiat untuk kecantikan. Mencuci muka dengan cuka apel setiap hari dapat meremajakan kulit wajah, karena mengandung sumber potasium yang sangat baik, yang mampu membantu menyeimbangkan pH kulit dan melawan alergi.

Namun, Anda tidak boleh menggunakan cuka apel murni untuk membasuh wajah. Buatlah larutan campuran: cuka apel 50% dan air 50%. Sebelum mencuci muka dengan larutan ini, oleskan pada kulit tangan Anda terlebih dahulu untuk menguji efeknya. Pastikan kulit Anda tidak sensitif.

Dikutip dari situs healthiestalternative.com, Sabtu (23/6/2018), berikut adalah 5 alasan mengapa Anda harus mencuci muka dengan cuka apel.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

1. Atasi Masalah pada Wajah

Ilustrasi Foto Cuka Apel (iStockphoto)

1. Bantu kurangi bintik hitam

Ketika Anda mencuci wajah setiap hari dengan cuka apel, Anda akan melihat perubahan yang terjadi pada bintik-bintik hitam di wajah. Cuka apel kaya akan asam alfa hidroksi yang akan mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.

Selain membasuh muka dengan cuka apel, oleskan sedikit cairan ini pada kapas dan aplikasikan langsung ke bintik hitam. Tunggu sekitar 30 menit dan bilas wajah Anda dengan air dingin, lalu keringkan. Lakukan setiap dua kali sehari selama enam minggu dan Anda akan melihat perbedaannya.

2. Melawan noda, jerawat dan bekas jerawat

Cuka apel dapat memberikan efek yang sama seperti krim jerawat komersial. Sari apel ini mengandung asam malat yang bersifat antijamur, antibakteri dan antiviral, sehingga mencegah pembentukan jerawat, mengurangi bekasnya dan melawan bakteri penyebab jerawat.

3. Menyeimbangkan pH kulit

Cuka apel dapat menyeimbangkan kadar pH kulit dan produksi minyak pada wajah karena mengandung sumber potasium.

4. Lawan kerutan

Cuka sari apel yang dilarutkan dapat membantu meminimalkan munculnya garis-garis halus dan keriput. Anda bisa merendam kapas atau kain katun di dalam cuka sari apel encer, lalu oleskan pada kulit Anda. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

5. Menghilangkan racun

Penggunaannya secara teratur akan menghilangkan racun dari kulit wajah, membuatnya berseri dan bersih.

3 dari 3 halaman

2. Cara Pakai

Ilustrasi buah apel (iStock)

Cuka apel dapat dikombinasikan dengan bahan lain untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit tubuh. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mengaplikasikannya.

1. Diencerkan

Bahan:

2 sendok teh cuka apel

1 cangkir air

3 bola kapas

Instruksi:

Campur cuka apel dan air dalam mangkuk kecil, lalu rendam bola kapas di dalamnya dan aplikasikan di wajah Anda. 

Catatan: jika kulit Anda terlalu sensitif, campurkan 1 sendok teh cuka apel dengan setengah cangkir air.

 

2. Diminum

Bahan:

1 sendok teh cuka apel

1 gelas air

Instruksi:

Tambahkan satu sendok teh cuka apel ke secangkir air dan minum campurannya. Lakukan dua atau tiga kali sehari.

 

3. Untuk mandi

Bahan:

1/2 cangkir cuka apel

Pelembab

Bak mandi

Instruksi:

Tuangkan cuka apel ke bak mandi Anda dan diamkan selama sekitar 15 menit. Anda dapat menambahkan beberapa minyak kelapa ke dalam bak mandi untuk meningkatkan khasiatnya -- atau bisa juga menambahkan lilin aroma yang menenangkan.

 

4. Cuka apel dan soda kue

Bahan:

2 sendok teh cuka apel

1/4 sendok teh soda kue

1 gelas air

1 sendok teh madu organik (opsional)

Instruksi:

Campurkan 1 sendok teh madu dan 1/4 sendok teh soda kue ke satu cangkir air. Aduk sampai rata dan minum setiap hari.

 

5. Cuka apel dan madu

Bahan:

2 sendok teh cuka apel

1 sendok teh madu organik

1 gelas air

Instruksi:

Campur madu dengan cuka apel dan masukkan campurannya ke segelas air. Aduk dan minum. Konsumsilah minuman ini tiga kali sehari.

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya