Unik, Kelas Ini Ajarkan Cara Menelan Pil Obat

Sulit menelan obat yang berbentuk padat seperti pil atau kapsul? Cobalah teknik yang diajarkan di kelas unik ini

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 20 Apr 2018, 10:30 WIB
Kelas ini ajarkan cara khusus untuk Anda yang sulit menelan pil (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang terkadang tidak suka mengonsumsi obat berbentuk pil atau kapsul, kini ada kelas khusus yang mengajarkan trik untuk melakukannya.

Kelas ini ditawarkan oleh Wendy Tedesco, seorang mantan asisten medis, yang menjadi pelatih hipnosis profesional bersertifikat di Pleasantville, New York.

Kelas tersebut menawarkan bagaimana Anda bisa menelan pil dengan trik khusus yang dia ciptakan.

Contohnya adalah Pasquale Palumbo. Ketika dia diberikan obat untuk tekanan darah tinggi, dia kerap cemas ketika harus menelan obatnya.

"Saya terus tersedak dan menggertakkan gigi untuk menurunkannya," kata pekerja asuransi 43 tahun dari New York itu.

Bahkan, anak perempuan bungsunya, Mia, juga mengalami kesulitan ketika harus menelan antibiotik untuk mengobati gangguan pada perutnya. Ayah dari dua orang putri itu kemudian meminta bantuan dari Tedesco.

Tedesco sendiri mengembangkan tekniknya sekitar 10 tahun lalu, ketika kesulitan mengonsumsi pil pahit. Obat itu tersangkut di lidahnya, hingga sebagian larut dan membuatnya tercekik.

"Saat itulah saya menyadari, setelah meletakkan pil itu di lidah, Anda harus melonggarkan mulut dengan banyak cairan untuk membuatnya mengambang dan tidak menempel," kata Tedesco seperti dikutip dari New York Post,  Jumat (20/4/2018).

Langkah selajutnya, angkat kepala Anda seperti burung pelikan menelan ikannya.

"Longgarkan kerongkongan Anda dengan gerakan menggeliatkan sisi -sisi leher, seperti meregangkan otot sebelum berolahraga, lalu meneguknya," tambah Tedesco.

Dalam tes tersebut, "murid-murid" Tedesco berlatih menggunakan permen berukuran kecil hingga yang besar. Ujian terakhir kemudian dengan menggunakan obat itu sendiri.

Selain itu, perempuan yang memasang tarif 160 dollar per sesi untuk kelas tersebut, membekali pasien dengan teknik pernapasan dan penguatan yang positif.

Palumbo sendiri merasa senang karena akhirnya mampu menelan pil dengan lebih baik setelah mengikuti kelas ini.

Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Remeh tapi Sulit Bagi Sebagian Orang

Kelas ini ajarkan cara khusus untuk Anda yang sulit menelan pil (iStockphoto)

Walaupun terlihat remeh, ternyata menelan pil sulit dilakukan untuk beberapa orang.

Sebuah studi di jurnal Pediatrics pada 2015 menemukan, lebih dari 50 persen anak-anak tidak bisa menelan pil atau kapsul ukuran standar.

Tahun 2013, sebuah studi di European Journal of Clinical Pharmacology mengungkapkan bahwa lebih dari 30 persen orang dewasa mengalami kesulitan menelan pil.

Hampir 10 persen dari mereka berhenti mengonsumsi obat karena hal tersebut.

"Ini adalah masalah besar bagi sebagian orang. Pil bisa menjadi penghalang mental," kata Tedesco.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya