Hanya Satu Jam, Wihara di Cibadak Sukabumi Hangus Terbakar

Kebakaran melanda Wihara Tri Dharma, tempat peribadatan umat Buddha di Kampung Babakan Anyar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Apr 2018, 20:02 WIB
Ilustrasi kebakaran. (iStockphoto)​

Liputan6.com, Sukabumi - Kebakaran melanda Wihara Tri Dharma, tempat peribadatan umat Buddha di Kampung Babakan Anyar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Kami belum mengetahui penyebabnya. Namun, tidak ada korban pada musibah ini," ucap pimpinan Wihara Tridarma Cibadak, Aang Wijaya, di Sukabumi, Minggu (15/4/2018), dilansir Antara.

Informasi yang dihimpun, kebakaran di wihara yang juga merupakan rumah milik warga keturunan Tionghoa di RT 01/08, Kecamatan Cibadak, berawal dari percikan api yang muncul di pelataran altar wihara tersebut.

Pemilik sekaligus pengurus wihara tersebut langsung terkejut melihat api mulai membesar. Ia pun mencoba memadamkan dengan alat seadanya. Namun, bukannya membuat api padam, malah tambah besar.

Khawatir terjadi sesuatu, satu keluarga langsung menyelamatkan diri keluar rumah dan meminta bantuan warga sekitar untuk memadamkannya. Tak berselang lama, beberapa kendaraan pemadam kebakaran tiba di lokasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 2 halaman

Terdengar Suara Ledakan Sebelum Kebakaran

Ilustrasi Kebakaran (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Berselang satu jam, kobaran api bisa dijinakkan. Namun, tidak ada barang berharga yang berhasil diselamatkan.

"Dengan kejadian ini beberapa waktu ke depan wihara tersebut tidak bisa digunakan untuk beribadah," ujar sang pengurus wihara.

Sementara, Eti pemilik rumah mengatakan dirinya mendengar suara ledakan dari dalam wihara yang diduga akibat hubungan pendek arus listrik atau korsleting.

"Untuk sementara kami mengungsi dahulu ke rumah sanak saudara, karena rumah yang dijadikan wihara tersebut rusak berat dan tidak bisa ditinggali," katanya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya